Abstrak


Asuhan kebidanan ibu bersalin pada ny. t g2p1a0 hamil 41+3 minggu dengan induksi atas indikasi postdate di vk rsud Surakarta


Oleh :
Fadliyah Mubarokah - R0312076 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Angka kejadian kehamilan lewat waktu di Indonesia 10,4-12%. Angka kejadian ibu bersalin dengan postdate di RSUD Surakarta sebanyak 29,06%. Tujuan karya tulis ilmiah ini untuk mempelajari dan memahami pelaksanaan asuhan kebidanan pada ibu bersalin dengan postdate diĀ  RSUD Surakarta.
Metode: Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus berdasarkan 7 langkah Varney dan metode SOAP pada ibu bersalin dengan postdate di RSUD Surakarta. Cara pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi rekam medik.
Hasil: Ny. T G2P1A0 datang dengan keluhan kehamilannya melebihi waktu perkiraan persalinan. Dilakukan kolaborasi dokter Sp.OG untuk penatalaksanaan induksi persalinan dengan oksitosin 5IU/500 ml RL dan pertolongan persalinan. Bayi lahir spontan pervaginam. Ibu dan bayi dalam kondisi sehat.
Kesimpulan: Ny. T G2P1A0 dengan persalinan postdate telah mendapatkan asuhan sesuai manajemen Varney dengan metode induksi, tidak ada kesenjangan antara teori dan praktik.

Kata Kunci: Asuhan Kebidanan, Bersalin, Postdate