Abstrak


Asuhan kebidanan pada ny.n g2p1a0 hamil 4 minggu dengan kehamilan ektopik terganggu disertai anemia sedang di rsud Pandan Arang Boyolali


Oleh :
Shopi Sa’diah - R0312104 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Insiden kehamilan ektopik terganggu di RSUD Pandan Arang Boyolali tahun 2014 sebanyak 15 kasus dari 554 kehamilan patologi (2,7%). Tujuan karya tulis ini untuk mempelajari dan memahami asuhan kebidanan pada kasus kehamilan ektopik terganggu disertai anemia sedang di RSUD Pandan Arang Boyolali.
Metode: Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus.  Subjek penelitian Ny N G2P1A0 dengan kehamilan ektopik terganggu disertai anemia sedang di RSUD Pandan Arang Boyolali. Pengambilan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen rekam medik. Analisis data secara deskriptif  berdasar 7 langkah varney dan SOAP.
Hasil: Ny. N G2P1A0 datang dengan keluhan perdarahan dan nyeri perut selama 14 hari. Hasil USG terdapat massa retro uterin. HB 8,0 g/dl. Dilakukan laparatomi pada hari ke-3. Diberikan transfusi darah serta diberikan terapi postlaparatomi (antibiotik, analgesik dan roborantia).
Kesimpulan:  Ny. N G2P1A0 Hamil 4 Minggu Dengan Kehamilan Ektopik Terganggu Disertai Anemia Sedang. Perawatan selama 7 hari. Pada akhir perawatan keadaan membaik. Terdapat kesenjangan antar teori dengan praktik.
Kata kunci : Asuhan Kebidanan, Ibu Hamil, Kehamilan Ektopik Terganggu