Abstrak


Penggunaan model quantum teaching dengan media puzzle dalam peningkatan keterampilan menulis karangan bagi siswa kelas iv sdn 6 Panjer tahun ajaran 2014/2015


Oleh :
Septiana Retnaningtyas - K7111539 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan; (2) untuk mendeskripsikan penggunaan model Quantum Teaching dengan media puzzle; dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model Quantum Teaching dengan media puzzle dalam peningkatan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SDN 6 Panjer Tahun Ajaran 2013/2014.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 6 Panjer, sejumlah 33 siswa dengan 22 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model Quantum Teaching dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis menulis karangan bagi siswa kelas IV SDN 6 Panjer Tahun Ajaran 2014/2015. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I 64,29% dengan rata-rata 73,31. Siklus II 81,82% dengan rata-rata 80,38 dan siklus III 93,94% dengan rata-rata 85,38, (2) penggunaan model Quantum Teaching dengan media puzzle dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah: (a) guru menumbuhkan semangat dan motivasi siswa dalam pembelajaran dengan permainan puzzle yang diiringi musik, (b) guru memberikan pengalaman kepada siswa dengan menuliskan kerangka karangan dan mengembangkan karangan berdasarkan media puzzle, (c) guru memberikan materi dengan menggunakan media puzzle, (d) siswa membacakan hasil karangan berdasarkan media puzzle, (e) guru dan siswa mengulang materi yang telah dipelajari, dan (f) guru dan siswa merayakan pembelajaran dengan bernyanyi dan bersorak gembira. (3) kendala yang dihadapi dalam penggunaan model Quantum Teaching dengan media puzzle yaitu: (a) siswa kurang semangat, b) siswa kurang aktif dalam menanggapi pertanyaan guru, c) guru kurang menguasai materi, d) siswa kurang percaya diri, e) siswa kurang aktif dalam menyimpulkan materi, dan f) pemberian motivasi dari guru masih kurang. Solusinya yaitu: a) guru menumbuhkan semangat dan motivasi siswa, b) guru mendorong siswa lebih aktif, c) guru belajar lebih tentang materi, d) guru memotivasi, e) guru melibatkan siswa saat menyimpulkan materi, dan f) guru memberikan motivasi dan penghargaan.
Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model Quantum Teaching dengan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan bagi siswa kelas IV SDN 6 Panjer Tahun Ajaran 2014/ 2015.
Kata kunci : Quantum Teaching, media puzzle, keterampilan menulis