;

Abstrak


Pengembangan modul berbasis konstruktivistik pada materi ekonomi kelas xi semester 2 sma n 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur


Oleh :
Sulistiyani - S991308016 - Sekolah Pascasarjana

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis validitas modul berbasis konstruktivistik pada materi ekonomi kelas XI IPS semester 2; (2) Menganalisis efektivitas modul berbasis konstruktivistik pada materi ekonomi kelas XI IPS semester 2.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development) untuk mengembangan dan melakukan perluasan produk yang telah ada sehingga menghasilkan produk baru berupa pengembangan modul berbasis konstruktivistik pada materi ekonomi kelas XI semester 2 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran ekonomi yang dapat dipertanggungjawabkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural penelitian pengembangan Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 165 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah (30) peserta didik sebagai kelas kontrol + (30) peserta didik sebagai kelas eksperimen = 60 peserta didik.
Kelayakan modul berbasis konstruktivistik pada materi ekonomi kelas XI IPS semester 2 telah memenuhi kriteria kelayakan modul sesuai dengan pedoman penilaian buku teks BSNP Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2014. Modul berbasis konstruktivistik pada materi ekonomi kelas XI IPS semester 2 efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar dari kelas kontrol adalah 78,57 dan eksperimen adalah 83,47. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih unggul dari pada kelas kontrol. Nilai sig (2-tailed) uji t adalah 0,003 Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,050 yang berarti bahwa H1 tidak ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Kata kunci : Modul , konstruktivistik, Problem Based Learning, Hasil Belajar.