Abstrak


Asuhan kebidanan ibu bersalin pada ny. l g1p0a0 umur 20 tahun hamil 38 minggu dengan kehamilan kembar di rsud Pandan Arang Boyolali


Oleh :
Lia Devi Vitri Andani - R0312090 - Fak. Kedokteran

Latar belakang dan tujuan : Angka kejadian persalinan dengan kehamilan kembar di RSUD Pandan Arang sebesar 55 kasus dari 1959 persalinan atau 3,45 %. Tujuan dari studi kasus ini yaitu untuk mempelajari dan memahami asuhan kebidanan pada kasus bersalin dengan kehamilan kembar secara komprehensif.

Metode : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada ibu bersalin G1P0A0 dengan kehamilan kembar di RSUD Pandan Arang. Cara pengambilan data melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumen rekam medik. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasar 7 langkah Varney.

Hasil : Ny. L datang dengan rujukan bidan, mengeluh kenceng-kenceng semakin sering dan keluar lendir darah dari jalan lahir. Pembukaan 8 cm. Pemeriksaan leopold dan USG didapatkan janin kembar. Klien diberi infus RL 20 tpm dan dilakukan pemantauan kemajuan persalinan.

Kesimpulan : Ny. L telah mendapatkan asuhan berdasarkan 7 langkah Varney. Bayi pertama dan kedua lahir spontan pervaginam tanpa alat, ibu dan bayi dalam keadaan sehat. Kesenjangan yaitu pada kala IV hanya diberikan uterotonika 0,2 mg secara IM.


Kata kunci :  asuhan kebidanan ibu bersalin, kehamilan kembar.