Abstrak


Peranan administrasi sebagai salah satu faktor dalam menunjang kelancaran proses realisasi kredit mikro utama pada bank bjb cabang Surakarta


Oleh :
Wahyu Pratiwi Setyo Wardani - F3612077 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran administrasi sebagai faktor penunjang proses realisasi kredit mikro utama pada Bank BJB Kantor Cabang Surakarta. Selain itu, penelitian ini membahas faktor-faktor pendukung realisasi kredit secara internal maupun eksternal dan hambatan dalam pelaksanaan pemberian kredit mikro utama. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan metode wawancara.
Hasil dari penilitan ini adalah administrasi kredit mempunyai peran penting dalam proses realisasi kredit mikro utama. Proses kelancaran realisasi kredit mikro pada Bank BJB Kantor Cabang Surakarta dapat dilihat dari jumlah debitur yang terealisasi dan yang tidak terealisasi. Pada tahun 2013-2014 terdapat 2% yang tidak direalisasi dan 98% sudah direalisasi. Faktor pendukung proses realisasi kredit mikro utama meliputi faktor internal salah satunya adalah manajemen organisasi kredit mikro dan faktor eksternal yaitu hubungan Bank dengan notaris. Hambatan pada proses realisasi kredit mikro utama disebabkan oleh faktor internal yaitu Standard Operasional Pelayanan dan faktor eksternal salah satunya adalah dengan pihak debitur.
Berdasarkan hasil penelitan ini dapat direkomendasikan saran bahwa Bank BJB Cabang Surakarta harus memantau dan mengelola semua faktor dan hambatan yang berhubungan dengan proses kelancaran realisasi kredit mikro utama.
Kata kunci : Administrasi kredit, Realisasi Kredit, Kredit Mikro Utama, Bank BJB