Abstrak


Perbandingan Tingkat Konservatisme Akuntansi Sebelum dan Sesudah Adanya Konvergensi IFRS di Indonesia dengan Metodeearning Andaccrual Measure


Oleh :
Alfian Noviandika Gafa - F1312005 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menginformasikan perbandingan tingkat konservatisme akuntansi laporan keuangan di Indonesia sebelum dan sesudah konvergensi IFRS. Penelitian ini berbeda dengan penelitian lainnya karena pengukuran tingkat konservatisme akuntansi menggunakan metode earning and accrual measure. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu konservatisme akuntansi sebagai variabel dependen dan konvergensi IFRS sebagai variabel independen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan sampel 197 perusahaan yang terdaftar dalam BEI dari tahun 2009 sampai dengan 2014. Metode analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan tingkat konservatisme akuntansi sebelum dan sesudah adanya konvergensi IFRS di Indonesia. Tingkat konservatisme akuntansi perusahaan di Indonesia sebelum adanya konvergensi IFRS lebih tinggi dibandingkan dengan sesudah adanya konvergensi IFRS.
Kata kunci: konservatisme akuntansi, konvergensi IFRS, earning and accrual measure.
ABSTRACT
This study aims to detect and to inform the comparison of accounting conservatism level between before and after the convergence of IFRS in Indonesia. This study differs from other studies because the measurement of accounting conservatism level using earning and accrual measure method. There are two variables in this study that accounting conservatism as the dependent variable and the convergence of IFRS as an independent variable. Sampling procedure in this study is purposive sampling method that produces 197 companies listed on the Stock Exchange in the year 2009 to 2014. The method of data analysis of this study usesPaired Sample T-Test. The result of this study indicate that the difference accounting conservatism level between before and after the convergence of IFRS in Indonesia. Accounting conservatism level for companies in Indonesia before the convergence of IFRS is higher than after it.
Keywords: accounting conservatism, the convergence of IFRS, earning and accrual method.