Abstrak


Pengelolaan arsip di kantor pengadilan negeri Karanganyar


Oleh :
Nindya Reta Hermastuti - D1512057 - Fak. ISIP

Arsip-arsip yang dikelola di Kantor Pengadilan Negeri Karanganyar merupakan arsip surat masuk dan arsip dari surat keluar. Kegiatan pengelolaan arsip yang ada di Kantor Pengadilan Negeri Karanganyar meliputi penerimaan dan pencatatan, penyimpanan, pemeliharaan dan penjagaan, serta penyusutan. Dalam pengelolaan arsip di Kantor Pengadilan Negeri Karanganyar masih cenderung belum sesuai dengan sistem pengelolaan yang ada, bisa dikatakan bahwa pelaksanaan belum maksimal. Namun, dengan semakin meningkatnya kemajuan teknologi maka segala proses penanganan arsip harus diperhatikan demi kelancaran kegiatan instansi. Artinya selain faktor arsip itu sendiri, faktor pagawai serta sarana dan prasarana kearsipan juga berkaitan, maka disini penulis tertarik untuk mengulas mengenai arsip yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Arsip di Kantor Pengadilan Negeri Karanganyar.
Metode pengamatan yang digunakan dalam ini meliputi, lokasi pengamatan, jenis pengamatan, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Lokasi Pengamatan diadakan di Kantor Pengadilan Negeri Karanganyar pada bulan Februari-Maret 2015, Jenis Pengamatan yang dilakukan yaitu Deskriptif Kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi berperan aktif. Sumber data yang didapat berasal dari pegawai dan staff bagian umum di Kantor Pengadilan Negeri Karanganyar, buku-buku pedoman tentang kearsipan, data-data arsip, dan gambar yang ada di Kantor Pengadilan Negeri Karanganyar.
Kesimpulan pengamatan ini adalah pengelolaan arsip di Kantor Pengadilan Negeri Karanganyar sudah baik dan sesuai dengan Standart Operasional Prosedur serta dengan pemanfaatan fasilitas arsip yang ada. Sedangkan saran yang ingin disampaikan penulis yaitu sebaiknya peningkatan sistem pengelolaan arsip di Kantor Pengadilan Negeri Karanganyar lebih ditingkatkan demi kemajuan instansi dan pengadaan sosialisasi peningkatan mutu pegawai yang menangani arsip perlu dilakukan agar kegiatan arsip dapat berjalan dengan baik dan sesuai tujuan.
Kata kunci : Pengelolaan, Arsip, Surat, Umum.