Abstrak


Gambaran penerapan manajemen risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada area ring production face and od grinding


Oleh :
Fifin Azimatul Warisah - R0012033 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Setiap tempat kerja mengandung potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja. Untuk mencegah terjadinya kerugian akibat adanya potensi bahaya maka diperlukan suatu manajemen risiko keselamatan dan kesehatan kerja yang tepat untuk memgendalikan potensi bahaya tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan manajemen risiko keselamatan dan kesehatan kerja pada area ring production Face and OD Grinding di PT. SKF Indonesia.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan sejelas-jelasnya tentang penerapan manajemen risiko K3 pada area ring production Face and OD Grinding dan menganalisis pemenuhan manajemen risiko terhadap peraturan perundang-undangan dan standar yang berlaku.
Hasil : PT. SKF Indonesia telah melakukan manajemen risiko K3 dengan menerapkan HIRARC pada semua kegiatan yang berlangsung di perusahaan. Prosedur pembuatan HIRARC telah diatur dalam Operational Control Procedur (OCP) yang dikelola oleh departemen EHS and Sustainability, pembuatan HIRARC dimulai dengan melakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko. Untuk pengendalian risiko terdiri dari 2 macam yaitu pengendalian saat ini dan pengendalian perbaikan. Data yang diperoleh selanjutnya dibahas untuk mengetahui penerapan dan efektivitas manajemen risiko serta keseuaiannya dengan peraturan perundangan yang berlaku.
Simpulan : PT. SKF Indonesia secara keseluruhan telah menerapkan manajemen risiko dengan baik, namun masih ada beberapa pengendalian yang belum efektif sehingga diperlukan perbaikan lanjut dan review secara berkala.
Kata kunci : Manajemen Risiko, Identifikasi Bahaya, Penilaian dan Pengendalian Risiko.