Abstrak


Asuhan kebidanan ibu nifas pada ny.s p4a0 dengan retensio sisa plasenta disertai anemia berat dan infeksi di rsud pandan arang Boyolali


Oleh :
Bella Ovilia - R0312063 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Kematian ibu di Indonesia masih didominasi perdarahan 32%. Salah satunya perdarahan postpartum yang disebabkan oleh retensio sisa plasenta sebesar 5,1% di RSUD Pandan Arang Boyolali. Tujuan untuk mempelajari dan memahami penatalaksanaan asuhan kebidanan pada ibu nifas dengan retensio sisa plasenta di RSUD Pandan Arang Boyolali secara komprehensif.
Metode : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus tujuh langkah Varney. Teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Hasil : Ny. S dengan keluhan lima hari postpartum keluar darah dari jalan lahir. Telah dilakukan tindakan kuretase dan pemberian terapi injeksi maupun terapi oral, antibiotik, anti amuba, antikoagulasi dan antipiretik. Evaluasi yang dicapai adalah kuretase telah berhasil, perdarahan berhenti, kontraksi uterus baik.
Kesimpulan : Ny. S P4A0 dengan retensio sisa plasenta telah diberikan tindakan kuretase. Perdarahan berhenti dan kontraksi baik. Terdapat kesenjangan yaitu perbedaan pemberian uterotonika drip infus, antibiotik dan observasi.

Kata kunci : Asuhan kebidanan, Ibu nifas, Retensio sisa plasenta