Abstrak


Familiarity dalam Keputusan Investasi (Experimental study in Surakarta)


Oleh :
Isna Putri Hastuti - F0211059 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Karakteristik manusia merupakan hal yang unik untuk diteliti. Sifat manusia tidak bisa digeneralisasikan karena setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda, termasuk dalam membuat suatu keputusan berinvestasi. Bahkan di dunia investasi dikenal investor yang rasional dan irrasional.  Disini penulis sedikit mencoba untuk mengelompokkan karakteristik manusia dan melihat kecenderungannya dalam mengambil sebuah keputusan investasi.
Melalui penelitiian eksperiement, peneliti mengelompokkan partisipan menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperiment. Kelompok eksperiment akan diberi treatment yang mengarah pada saham perusahaan yang familiar. Penelitian ini melibatkan partisipan sebanyak 100 orang. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah peneliti belum mampu menggunakan  investor sebagai pertisipan. Tentunya hal ini akan mereduksi kemampuan dan pengalaman investor dalam keputusan investasi. Pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dan One Way ANOVA.
Berdasarkan penelitian eksperiment ini, perilaku investasi seorang individu dipengaruhi oleh familiarity dan perbedaan golongan darah. Dampak dari familiarity dapat ditunjukkan dengan adanya perbedaan keputusan investasi pada mahasiswa manajemen dan akuntansi. Hasil dari pegujian perbedaan golongan darah membuat individu berperilaku berbeda dalam menentukan keputusan investasinya. Pengujian perbedaan status perusahaan menunjukkan tidak ada perbedaan keputusan investasi pada perusahaan BUMN dan BUMS. Pengujian perbedaan jenis kelamin juga tidak menunjukkan perbedaan dalam mengambil keputusan investasi.
Kata Kunci: Familiarity, Investasi, Bias Investasi
ABSTRACT
Human characteristics is unique for the study. Human nature can not be generalized because each individual has a different personality, including in making an investment decision. Even in the investment world known investors rational and irrational. Here the authors bit trying to classify human characteristics and see the trend in taking an investment decision.
Through eksperiement study, researchers grouped the participants into two groups: control group and experimental groups. Experimental group will be given the treatment which leads to the familiar stock company. The study involved participants as many as 100 people. Limitations of this study is the researchers have not been able to use the investor as pertisipan. Surely this will reduce the ability and experience of investors in investment decisions.Hypothesis istesting use the Independent Sample T - Test and One Way ANOVA.
Based on the research of this experiment, the investment behavior of an individual is influenced by familiarity and difference in blood type. The impact of familiarity can be demonstrated by the difference in investment decisions on student of management and accounting. Results of the test about blood type differences makes individuals behave differently in determining investment decisions. Testing differences in the status of the company showed no difference in investment decisions on state-owned enterprises and private enterprises. Testing the gender difference also showed no difference in making an investment decision.
Keywords: Familiarity, Investing, Investment Bias