Abstrak


Strategi Promosi dan Kerjasama Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sragen dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)


Oleh :
Damayanti Dwi Adhi Pertiwi - C9412010 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Penelitian Tugas Akhir ini mengkaji tentang strategi promosi dan kerjasama di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sragen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kontribusi objek-objek wisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sragen.
Penulisan Laporan Tugas Akhir ini menggunakan teknik pengumpulan data antara lain : observasi, studi pustaka dan studi dokumen. Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan Strategi Promosi dan Kerjasama Dinas Pariwisata Kabupaten Sragen dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga terbagi dalam beberapa kegiatan even-event pariwisata, mengikuti acara-acara pariwisata di luar daerah seperti Majapahit Travel Fair, Travel Dialog, Java Expo dan pembuatan brosur, leaflet, booklet, tourism map pariwisata sebagai media informasi pariwisata yang di berikan untuk masyarakat dan pengunjung objek. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga menjalin kerjasama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dalam Peningkatan Pelayanan Pengunjung Museum Manusia Purba Sangiran di Kabupaten Sragen maupun dalam Kerjasama Pariwisata dan Budaya Solo Raya.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kontribusi yang diberikan pariwisata tahun 2009 adalah sebesar 0,06% tahun 2010 adalah sebesar 0,07% tahun 2011 adalah sebesar 0,06% tahun 2012 adalah sebesar 0,1% tahun 2013 adalah sebesar 0,1% dan tahun 2014 adalah sebesar 0,1%. Berdasarkan persentase tersebut maka dapat di simpulkan bahwa kontribusi yang diberikan oleh pendapatan pariwisata adalah BELUM BERPERAN terhadap PendapatanAsli Daerah (PAD).