Abstrak


Strategi Branding Kabupaten Sragen Sebagai Kota Purbakala Melalui Situs Sangiran


Oleh :
Zulan Laila - C9412054 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Laporan Tugas Akhir ini dilatar belakangi permasalahan bagaimana usaha Dinas Pariwisata dalam mempromosikan objek wisata museum yang terdapat di Kabupaten Sragen, apa usaha Dinas Pariwisata dalam menciptakan branding Kabupaten Sragen menjadi Kota Purbakala melalui museum, kendala apa saja yang di hadapi Dinas Pariwisata dalam menciptakan branding Kabupaten Sragen menjadi Kota Purbakala melalui museum.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan dalam penelitian ini yaitu mengetahui strategi branding kabupaten Sragen menjadi kota purbakala melalui museum, potensi – potensi yang dimiliki untuk menarik minat wisatawan serta kendala dan solusi yang dihadapi dalam usaha branding kota ini. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan tugas akhir ini adalah teknik pengumpulan dat diantranya observasi, wawancara, studi dokumen, studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan strategi branding kabupaten Sragen diperlukan agar masyarakat mengenal museum – museum yang ada di Sragen beserta klaster – klaster barunya. Branding ini memiliki kesempatan dan dapat dikembangkan menjadi sebuah daya tarik wisata yang mampu menjadi ciri khas pariwisata Sragen. Perhatian dari pemerintah dan dinas pariwisata dalam upaya pengembangannya masih kurang.
Berdasarkan hasil pembahasan di atas maka disimpulkan bahwa stategi branding kabupaten Sragen menjadi kota purbakala melalui museum dapat dijadikan sebagai wisata andalan di Sragen.