Abstrak


Aplikasi Digital Hewan Purba Sangiran Berbasis Augmented Reality Technology


Oleh :
Riny Dwi Anggraeni - M3112117 - Fak. MIPA

ABSTRACT
Sangiran, Early Man Sites is one of UNESCO World Heritage Center one of the key sites to understand the human evolutions, animals and ancient environment. Sangiran preservation of archaeological sites has to dessiminate ancient animal fossils to the community and to prevent the fossils damage we can use Augmented Reality to illustrate the ancient animal.
This application use Blender to draw ancient animal model, Adobe Photoshop and Corel Draw to create the application layout, Unity 3D to create the Augmented Reality. The application can shows 3D ancient animal object model in the top of marker layer.
The result of this final project to illustrate ancient animal lived in Sangiran. Hope that this application can give some user an information about the ancient animal lived in Sangiran and their ilustration..
Keyword : augmented reality, Museum Purbakala Sangiran, 3D, Multimedia
ABSTRAK
Pelestarian dan perawatan situs-situs purbakala di lakukan di Museum Purbakala Sangiran merupakan salah satu cara agar sejarah yang ada di situs Sangiran dapat diketahui dan dipelajari oleh masyarakat luas. Aplikasi multimedia yang merupakan penggabungan dari berbagai komponen seperti teks, suara, gambar, animasi akan membuat oengguna menjadi lebih mudah untuk memahami. Penggunaan objek 3 dimensi akan membuat penyampaian informasi objek lebih menarik. Tujuan dari projek tugas ini adalah untuk memberi gambaran bagaimana bentuk sebenanya dari hewan purba yang pernah hidup di Sangiran.
Aplikasi augmented reality di Museum Sangiran ini dirancang dan dikembangkan menggunakan metode studi pustaka yaitu mencarai referensi dan materi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Pembuatan augmented reality di Museum Sangiran dilakukan menggunakan beberapa software desain dan animasi seperti Blender, Unity 3D, Adobe Photoshop, dab Corel Draw.
Penelitian ini menghasilkan aplikasi multimedia yang akan memberikan informasi tentang hewan purba yang pernah hidup di Sangiran. Informasi yang diberikan adalah memberikan gambaran nyata dari bentuk asli hewan purba terdahulu yang pernah hidup di Sangiran. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu pengguna lebih memahami dan dapat memberi gambaran yang lebih jelas tentang hewan purba yang pernah hidup di Sangiran.
Kata kunci : augmented reality, Museum Purbakala Sangiran, 3D, Multimedia