Abstrak


Prosedur Rekrutmen Karyawan di PT. Kusumahadi Santosa Jaten, Karanganyar


Oleh :
Afifatul Latifah - D1512003 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur rekrutmen karyawan di PT. Kusumahadi Santosa Jaten, Karanganyar.Karena sumber daya manusia adalah peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Untuk itu perlu dilaksanakan proses rekrutmen yang baik sehingga perusahaan mendapat sumber daya manusia yang berkualitas.
Yang menjadi landasan teori dari penulisan tugas akhir ini adalah buku-buku yang didalamnya terdapat pengertisn mengenai prosedur, perencanaan kebutuhan karyawan atau tenaga kerja, pengertian rekrutmen, dan tahap-tahap rekrutmen.Pengertian prosedur rekrutmen karyawan adalah serangkaian langkah – langkah dari aktivitas yang dilakukan dalam usaha memperoleh pelamar pekerjaan yang memenuhi kualifikasi dalam mengisi jabatan tertentu sehingga tujuan dari perusahaan dapat terlaksana dengan baik.
Penulisan tugas akhir ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif yaitu pengamatan yang bertujuan untuk mendiskripsikan dan menafsirkan secara cermat dan sistematis mengenai kegiatan atau melukiskan keadaan yang terjadi ditempat pengamatan.sumber data yang digunakan meliputi nara sumber serta dokumen atau arsip dalam perusahaan. Mengenai teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi langsung, dan studi kepustakan.Teknik analisis data yang dipergunakan oleh penulis adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa prosedur rekrutmen karyawan di PT. Kusumahadi Santosa Jaten, Karanganyar mempunyai prosedur yang baik.Dari prosedur perencanaan kebutuhan tenaga kerja atau karyawan, seleksi calon tenaga kerja atau karyawan, penerimaan tenaga kerja atau karyawan.
Kata Kunci : Prosedur, Rekrutmen, Karyawan
ABSTRACT
This aims final task were find out how the recruitment procedure of employees at PT.Santosa Kusumahadi Jaten, Karanganyar.Human resources are a very important role in a company.For that we need a good recruitment process carried out so that the company gets qualified human resources.
Which became the theoretical basis of this thesis are books in which there is an understanding of the procedures, the planning needs of employees or labor, recruitment understanding, and the stages of recruitment.Definition of employee recruitment procedure is a series of steps and activities undertaken in an attempt to obtain qualified job applicants in filling certain positions so that the company’s goals can be implemented properly.
This final task was used qualitative descriptive observation type of which aimed to described and interpreted carefully and systematically about the activities or describe the circumstances that happened in the observations place. The data sources were used including of informant and documents or records within the company.Regarding the data collection techniques were used interviews, direct observation, and literature study. The data analysis techniques were used data reduction, data presentation, and conclusion.
Based on observations were showed that the employees recruitment procedure at PT.Santosa Kusumahadi Jaten, Karanganyar have a good procedure, start fromplanning procedures of employee needs, the selection of workers or employees, and employee recruitment.
Keywords: procedures, recruitment, employee