Abstrak


Penerapan Supply Chain dalam Pembuatan Produk Garden Furniture pada PT. Indo Veneer Utama di Karanganyar


Oleh :
Merina Irmawati - F3112042 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAKSI
Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui penerapan supply chain dalam pembuatan produk garden furniture, kegiatan operasional ekspor impor, hambatan dalam kegiatan ekspor produk garden furniture di PT. Indo Veneer Utama. Penelitian ini dilakukan di PT. Indo Veneer Utama yang merupakan salah satu perusahaan ekspor produk gardenn furniture di Karanganyar. Metode yang digunakan adalah studi kasus, yaitu dengan mengambil suatu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan staff bagian ekspor pada PT. Indo Veneer Utama, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan masalah supply chain.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan supply chain pada PT. Indo Veneer Utama yaitu dengan menggunakan strategi efisiensi, dengan mempertimbangkan efisiensi pada bagian pengadaan dan bagian produksi. Kegiatan operasional ekspor impor pada perusahaan tidak dapat berjalan lancar, adanya kendala dalam keterlambatan bahan baku, sehingga penyaluran barang sampai ke tangan konsumen akhir menjadi tehambat.
Saran yang dapat diberikan untuk PT. Indo Veneer Utama, sebaiknya perusahaan dapat fokus dan konsisten pada kriteriadalam memilih supplier, yaitu konsisten pada harga dan kualitas, serta perusahaan sebaiknya dapat lebih terbuka dengan supplier-supplier baru yang lebih kompetitif.
Kata kunci: supply chain, garden furniture, supplier
ABSTRACT
The objective of research was to find out the application of supply chain in garden furniture product production, export-import operational activity, obstruction in the activity of exporting garden furniture product in PT. Indo Veneer Utama. This study was taken pace in PT. Indo Veneer Utama constituting one of companies exporting the garden furniture products in Karanganyar. The method employed was case study, by taking a certain object to be analyzed in-depth by focusing on one problem. The data used included primary and secondary data. The primary data were obtained from the result of direct interview with the staff of export division in PT. Indo Veneer Utama, while secondary data derived from books relevant to supply chain problem.
From the result of research, it could be concluded that the application of supply chain in PT. Indo Veneer Utama was conducted using efficiency strategy by taking into account the efficiency in procurement and production divisions. The export-import operating activity in the company could not run smoothly, there was an obstruction in the term of delayed raw material, so that the distribution of product to the end-user was inhibited.
PT. Indo Veneer Utama was recommended to focus consistently on the criteria of selecting supplier, in the term of price and quality, and it was recommended to be more transparent to the more competitive new suppliers.
Keywords: supply chain, garden furniture, supplier.