Abstrak


Proses Pengendalian Kualitas (Quality Control) Produk Batik pada Pt. Batik Danar Hadi Di Surakarta


Oleh :
Rahma Nur ‘aini - F3112049 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Kualitas merupakan unsur penting di dalam dunia usaha / bisnis, hal ini bertujuan untuk dapat menjaga kepercayaan konsumen terhadap barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme / proses pengendalian kualitas, yang mana produk yang dihasilkan oleh PT. Batik Danar Hadi termasuk dalam standar ketentuan atau diluar standar ketentuan dari perusahaan, dan untuk mengetahui konsep pelaksanaan QC, serta hubungan yang terjalin pada setiap bagian-bagian pada PT. Batik Danar Hadi.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif penelitian yang menafsirkan (membaca, mendengarkan, membandingkan) data yang diperoleh, dan menggambarkan atau menjelaskan untuk menarik kesimpulan.Pengumpulan data dari dokumen dan pihak yang terkait dengan kegiatan tersebut.Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.Data primer meliputi wawancara langsung dengan pihak yang terkait dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen dan sumber tertulis lainnya.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dalam proses/mekanisme pengendalian kualitas di PT. Batik Danar Hadi dilakukan secara tahap demi tahap untuk mencapai tujuan akhir yaitu selalu menjaga kualitas dari setiap produk yang dihasilkan. Untuk menjaga kualitas dimulai dari bahan baku yang setelah menjadi barang jadi dilakukan pengetesan untuk mengetahui penyusutannya, sedangkan untuk barang jadi dilakukan pengecekan pada cap, warna dan lunturnya. Dalam pelaksanaannya, PT. Batik Danar Hadi merekrut personil yang mempunyai kemampuan, loyalitas, jujur, terlatih, dan berdedikasi tinggi pada perusahaan.Serta mampu menjaga hubungan baik dengan divisi-divisi yang ada (pemasaran, produksi, gudang dan quality control) agar kualitas produk tetap terkontrol dengan baik.
Pada intinya peneliti mengharapkan agar pengendalian kualitas di PT. Batik Danar Hadi dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan, perlu adanya pelatihan kerja pada karyawan untuk menjaga kualitas produk agar tetap baik, serta selalu menjaga hubungan dan komunikasi yang baik antar bagian-bagian / setiap divisi dari perusahaan agar kualitas dapat tetap terkontrol dengan baik.
Kata kunci: Proses;mekanisme, Pengendalian Kualitas
ABSTRAKS
Quality is an important element in the business / business, it aims to be able to maintain consumer confidence in goods produced by the company. This study aims to determine the mechanism / process quality control, which is a product produced by PT. Dana Hadi Batik included in the standard conditions or standards beyond the provisions of the company, and to know the concept of the implementation of QC, as well as the relationship on any parts of the PT. Dana Hadi Batik.
The method used is descriptive analysis research that interpret (reading, listening, comparing) the data obtained, and describe or explain to draw conclusions. The collection of data from documents and parties related to these activities. The data used are primary and secondary data. Primary data include direct interviews with stakeholders and secondary data obtained from documents and other written sources.
From the research results can be concluded in the process / quality control mechanism PT. Dana Hadi Batik done step by step to achieve the ultimate goal of always keeping the quality of every product produced. To maintain the quality starts from the raw materials into finished goods after testing conducted to determine depreciation, while the finished goods to be checked on a stamp, color and erosion. In practice, PT. Dana Hadi Batik recruit personnel who have the ability, loyalty, honest, well-trained, and dedicated to the company. And able to maintain good relationships with existing divisions (marketing, production, warehouse and quality control) in order to keep the product quality well controlled.
In essence, researchers hope that quality control in PT. Dana Hadi Batik can be maintained and further improved, the need for job training to employees to maintain product quality in order to stay well, and always maintain a good relationship and communication between the parts / every division of the company so that the quality can remain well controlled.
Keywords: Process; mechanism, Quality Control