Abstrak


Analisis Keputusan Ibu Rumah Tangga untuk Bekerja pada Sektor Informal dan Kontribusi Terhadap Pendapatan Keluarga di Kelurahan Jebres Surakarta


Oleh :
Monika Widya Pawestri - F0111052 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan ibu rumah tangga memutuskan untuk bekerja pada sektor informal serta mengetahui besaran kontribusi ibu rumah tangga terhadap pendapatan keluarga di Jebres. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model logit, karena ingin melihat probabilitas( peluang). Daerah yang digunakan sebagai lokasi penelitian adalah Kelurahan Jebres, merupakan daerah yang cukup padat tempat usaha dengan adanya fenomena kebanyakan yang menjadi pelaku adalah ibu rumah tangga.
Penelitian ini menggunakan metode analisis logit dan one sampel test. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menyebar kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Responden dalam penelitian ini yaitu ibu rumah tangga yang memutuskan untuk tidak bekerja dan yang memutuskan bekerja di sektor informal di Kelurahan Jebres.
Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusan ibu rumah tangga bekerja sedangkan variabel independennya terdiri dari tingkat pendidikan, usia, jumlah tanggungan keluarga dan pendapatan suami. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel-variabel independen tersebut tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan ibu rumah tangga untuk bekerja. Dilihat dari hasilnya variabel-variabel lain dapat memberi pengaruh yang jauh lebih besar terhadap keputusan ibu rumah tangga untuk bekerja. Kontribusi yang diberikan ibu rumahtangga yang bekerja juga harus seimbang curahan jam kerjanya dengan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Besar kontribusi sebagian besar ibu rumah tangga yang bekerja di sektor informal sudah mencapai 50 %.
Kata Kunci: keputusan, kontribusi, ibu rumah tangga, bekerja
ABSTRACT
This study aims to determine the reason housewife decided to work in the informal sector as well as determine the amount of the contribution of housewives to the family income in Jebres. The model used in this study is the logit model, because we wanted to see the probability (chance). Area which is used as a research location is Jebres Village, an area that is pretty solid place of business with the phenomenon that most of the perpetrators are housewives.
This study uses logit analysis and one sample test. Samples taken in this study using cluster sampling. The technique used to collect the data is spread out questionnaires, interviews and literature. Respondents in this study are housewives who decide not to go to work and to work in the informal sector  in  Jebres.
The dependent variable used in this study is the decision housewife working while the independent variable consisted of the level of education, age, number of family and husband's income. The results showed that independent variables did not have a significant influence on the decision housewives to work. Judging from the results of other variables can influence a much larger against the decision of housewives to work. Contributions were given a housewife who work also must be balanced outpouring of hours worked with his duties as a housewife. Great contribution mostly housewives who work in the informal sector has reached 50%.
Keywords: decision, contributions, housewives, working