Abstrak


Meningkatkan Hasil Belajar Lempar Tangkap Bola dalam Permainan Rounders dengan Model Desain Pembelajaran Assure pada Siswa Kelas V SD Negeri Nayu 77 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013


Oleh :
Zaeni Rohman - X4610130 - Fak. KIP

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatan hasil belajar lempar tangkap bola dalam permainan rounders melalui penerapan model desain pembelajaran ASSURE pada siswa kelas V SD Negeri Nayu 77 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Nayu 77 Surakarta Tahun Pelajaran 2012 / 2013 yang berjumlah 56 siswa yang terdiri dari 33 siswa perempuan dan 23 siswa laki-laki. Data hasil belajar lempar tangkap bola diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran lempar tangakap bola dalam permainan rounders melalui penerapan model desain pembelajaran ASSURE dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam hasil pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang mencapai kriteria tuntas mengalami peningkatan dari 42,9% atau 24 siswa pada pratindakan meningkat menjadi  75% atau 42 siswa pada akhir siklus I dan meningkat lagi menjadi 89,3% atau 50 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model desain pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola dalam permainan rounders pada siswa kelas V SD Negeri Nayu 77 Surakarta Tahun Pelajaran 2012 / 2013.
Kata kunci : lempar tangkap bola, hasil belajar. model desain pembelajaran,  ASSURE