Abstrak


Penerapan Pengendalian Intern terhadap Kas Masuk Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta


Oleh :
Aby Waqqas - F3312001 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta adalah salah satu rumah sakit swasta yang memberikan pelayanan medis kepada masyarakat. Setiap hari, banyak masyarakat yang datang ke rumah sakit guna mengecek kesehatan mereka, mendapatkan perawatan kesehatan, dll. Adanya hal tersebut akan memberikan dampak bagi rumah sakit, yaitu banyaknya transaksi terkait kas masuk yang perlu dikelola. Jika rumah sakit tidak memiliki sistem yang didesain guna mencegah terjadinya kesalahan dan kecurangan, hal ini dapat memberikan pengaruh buruk bagi pelaporan keuangan rumah sakit.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengendalian intern terhadap kas masuk yang digunakan oleh Rumah Sakit Kasih Ibu, untuk mempelajari bagaimana aktivitas pengendalian intern yang digunakan oleh Rumah Sakit Kasih Ibu untuk mendapatkan informasi yang dapat diandalkan, dan untuk mengevaluasi sistem pengendalian intern yang telah digunakan oleh pihak Rumah Sakit Kasih Ibu. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis membandingkan informasi yang diperoleh dan membandingkannya dengan teori yang ada. Penulis juga melakukan wawancara dengan pihak akuntansi terkait tema yang diambil.
Hasil dari penelitian ini adalah, pengendalian intern yang dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Kasih Ibu terhadap kas masuknya dilakukan dengan menggunakan Kas Opname, pengendalian intern yang digunakan oleh manajemen Rumah Sakit Kasih Ibu dilakuakan dari tahap awal (mulai dari tahap perekrutan karyawan) hingga tahap akhir, serta sistem yang digunakan oleh pihak Rumah Sakit Kasih Ibu dalam mengelola informasi mengenai kas masuknya telah diterapkan dan dilaksanakan dengan baik, sistem tersebut juga menyediakan cara supaya data yang telah dikelola tersebut aman dan bebas dari akses pihak yang tak berwenang.
Sebagai sebuah entitas, Rumah Sakit Kasih Ibu membutuhkan filosofi yang baik guna menjadi pedoman dalam pengerjaan tugas bagi pihak karyawannya. Dengan penetapan filosofi yang baik bagi pihak rumah sakit, hal ini akan memberikan dampak positif bagi lingkungan kerja di Rumah Sakit Kasih Ibu dan akan memberi arahan yang lebih baik bagi manajemen dalam pencapaian tujuan.
Kata kunci : Kas, Kas Opname, Pengendalian Intern
ABSTRACT
Kasih Ibu Surakarta Hospital is one of the private hospital that gives medical services to the citizen. Everyday, a lot of people come to the hospital to check their health, to get heal, etc. And that would give so many transaction involved cash receives. If the hospital does not has a system that design to prevent the human error and management fraud, it would give bad effect for the reporting statement.
The purpose of this research is to get information about intern control for receiving cash used by Kasih Ibu Hospital Management, to learn what activities that Kasih Ibu Hospital Management do to get a reliable information, also to evaluate the system of intern control used by Kasih Ibu Hospital Management. In completing that purpose, the writer comparing between theory and information about intern control that Kasih Ibu Hospital Management did. The writer also collected the information by doing an interview.
The results of this research are intern control process that used by Kasih Ibu Hospital Management is Kas Opname, intern control activities applied by Kasih Ibu Hospital Management from the beginning one (from recruitment process, separating duties and responsibilities, intern auditors that can help management to get a reliable information), and that system provides a good way to get information also to secure the information.
As an entity, Kasih Ibu Hospital need to get their own philosophy for working activities. With a good philosophy, that will bring a positive direction for the employees when they do their tasks, and would give management a better goal.
Keyword : Cash, Opname Cash, Intern Control