Abstrak


Prosedur Pengendalian Dokumen pada PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Centraljava


Oleh :
Ayuni Trie Ardhianti - D1512013 - Fak. ISIP

ABSTRAK
PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Central Java merupakan salah satu perusahaan minuman ringan berkarbonasi terbesar di dunia. Di suatu perusahaan besar pastilah memiliki banyak dan bermacam–macam jenis dokumen. PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Central Java sendiri dituntut untuk selalu mengupdate dokumen yang ada diperusahaan agar tetap selalu valid.
Faktor tersebut yang mengharuskan perusahaan untuk mengendalikan dokumen sesuai prosedur yang ada agar dokumen yang ada di lapangan selalu terupdated dan valid. Untuk itu permasalahan yang akan dikemukakan pada objek ini adalah prosedur pengendalian dokumen pada PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Central Java. Tujuan pengamatan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui dan memahami prosedur pengendalian dokumen pada PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Central Java.
Pengamatan ini mengambil lokasi di PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Central Java. Sumber data berasal dari (1) narasumber atau informan (2) dokumen dan arsip (3) peristiwa dan aktivitas (4) tempat atau lokasi dan (5) gambar atau foto. Teknik pengumpulan data dalam pengamatan ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen dan arsip.
Hasil dari pembahasan penulis menjelaskan prosedur pengendalian dokumen di PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Central Java yaitu di dalam pengendalian dokumen di perusahaan terdiri dari penomoran dokumen, pembuatan dokumen, persetujuan dokumen, distribusi dokumen, perubahan dokumen, penyimpanan dokumen, dan pemusnahan dokumen. Disetiap bagian memiliki prosedur yang berbeda–beda sesuai jenis dokumen yang dipakai.
Kata kunci : prosedur, pengendalian, dokumen
ABSTRACT
PT. Coca-Cola Bottling Indonesia of Central Java was one of largest companies producing carbonated beverage in the world. Large company must have diverse and many types of document. PT. Coca-Cola Bottling Indonesia of Central Java is frequently required to keep updating the document existing in the company in order to be valid.
Such the factor required the company to control document corresponding to existing procedure for the document existing in the field always updated and valid. For that reason, the problem raised in this study was the document controlling procedure in PT. Coca-Cola Bottling Indonesia of Central Java. The objective of observation was to find out and to understand the document controlling procedure in PT. Coca-Cola Bottling Indonesia of Central Java.
This observation was taken place in PT. Coca-Cola Bottling Indonesia of Central Java. The data source derived from (1) informant, (2) document and archive, (3) event and activity, (4) place or location and (5) picture or photograph. Techniques of collecting data used in this observation were interview, observation, and document and archive study.
The result of research showed that the document controlling procedure in PT. Coca-Cola Bottling Indonesia of Central Java included document numbering, document preparation, document approval, document distribution, document change, document storage, and document eradication. Each division has different procedure corresponding to the type of document used.
Key word : procedure, controlling, document