Abstrak


Pengaruh Diversitas Komisaris dan Direksi terhadap Kinerja Keuangan


Oleh :
Lerry Noviatama - F1212043 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik persebaran (diversitas) anggota dewan Komisaris dan Direksi  terhadap kinerja keuangan yang nantinya akan mempengaruhi  implementasi corporate governance. Dalam penelitian ini, diversitas diukur dengan 4 variabel, yaitu keberadaan Komisaris dan Direksi wanita, keberadaan Komisaris dan Direksi asing, umur dan masa jabatan Komisaris dan Direksi dengan ukuran perusahaan dan ukuran anggota dewan sebagai variabel kontrol.
Sampel penelitian ini adalah 173 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tidak termasuk industri sektor keuangan dan BUMN.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persebaran/diversitas anggota dewan Komisaris dan Direksi berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Keberadaan Komisaris dan Direksi perempuan dan asing, dan usia Komisaris dan Direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan pengukuran Tobin’s Q. Sedangkan masa jabatan berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan Tobin’s Q.
Kata kunci: diversitas, corporate governance, kinerja perusahaan, Tobin’s Q.
ABSTRACT
This research aimed to analyze the influence of Commissioner and Director diversity to financial performance that shall influence the implementation of corporate governance. In this research, board diversity is measured by 4 variables, i.e. women availability on Commissioner and Director, foreign availability on Commissioner and Director, age and tenure of Commissioner and Director with firm and board size as control variables.
The samples are 173 companies that listed at Indonesia Stock Exchange in 2013 exclude financial industry and BUMN.
The results showed that board diversity members influencing financial performance. Women availability, foreign availibility and also age on Commissioner and Director  have no influence to financial performance that measured by Tobin’s Q. Whereas, the board tenure of Commissioner and Director have significant negative to financial performance that measured by Tobin’s Q.
Key words: diversity, corporate governance, financial performance, Tobin’s Q.