Abstrak


Prosedur Penyediaan Bahan Baku Kayu dengan SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu) pada PT Kharisma Rotan Mandiri di Sukoharjo


Oleh :
Irma Saraswati - F3112033 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAKSI
Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran dan memahami lebih dalam menegenai prosedur penyediaan bahan baku kayu dengan SVLK pada PT Kharisma Rotan Mandiri sebagai perusahaan ekspor yang bergerak pada bidang furniture. Penyedeiaan bahan baku kayu yang bersertifikasi dan legal melalui SVLK bertujuan untuk memberi kepastian mengenai asal usul kayu yang dipergunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dokumen karena penulis melihat secara langsung prosedur dokumen hingga memperoleh V.legal. data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melaui wawancara kepada staff  yang mengurusi dokumen SVLK pada PT Kharisma Rotan Mandiri. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku, internet dan dokumen yang bersangkutan. Hasil penelitian yang diperoleh berupa jalur dokumen mendapatkan V.legal, manfaat yang diperoleh serta hambatan yang dialamiPT Kharisma Rotan Mandiri. Dalam pengumpulan dokumen guna memperoleh V.legal terdapat beberapa kendala seperti rumitnya dalam pengumpulan dokumen, perhitungan kubikasi dan kurangnya sumberdaya manusia yang mengurusi dokumen tersebut.
Kata kunci: SVLK, Penyediaan bahan baku kayu, V.legal, Produksi
ABSTRACT
The purpose of writing the end of this task is to obtain a description and understand more procedures in menegenai the provision of raw materials wood with svlk on PT Kharisma Rotan Mandiri as export company that moves on the field of furniture.Penyedeiaan the raw material of wood that certified and legal through svlk aims to give certainty concerning the origin of wood which used.Methods used in this research is a method of observation because writer documents directly see documents until procedures obtain v.legal. The data used is primary data obtained by interview to staff that take care document svlk on pt mandiri kharisma rattan.While secondary data obtained through the book the internet and documents concerned.The research results obtained in the form of lane get v.legal document , benefit gained as well as obstacles suffered by pt mandiri kharisma rattan .In collecting documents to obtain v.legal there are several obstacles in as the complexity of collecting documents , kubikasi calculations and lack of human resources that take care of the documents.
The keywords: Svlk, The Supply Of Raw Materials, V.Legal, Production