Abstrak


Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada PT. Dan Liris


Oleh :
Rinaldy Achmad Buchori - F3512076 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
PT.Dan Liris merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang industri tekstil terpadu dengan unit usaha pemintalan (spinning), pertenunan (weaving), pencelupan dan pewarnaan (dyeing), penyempurnaan (finishing), pencetakan tekstil bermotif (printing) dan konfeksi pakaian jadi (garment).
Kesehatan dan Keselamatan tenaga kerja harus menjadi perhatian utama di semua perusahaan, hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan rasa aman pada setiap tenaga kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja pada PT. Dan Liris sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia.
Dari hasil penelitian mengenai masalah penerapan keselamatan dan kesehatan kerja, maka perlu dilakukan pelengkapan pada alat sarana dan prasarana keselamatan dan kesehatan kerja untuk meminimalkan angka kecelakaan kerja. Masih ada  beberapa alat pelindung diri yang belum ada di perusahaan.Karena masih kurangnya penyediaan alat pelindung diri tersebut dapat menyebabkan bertambahnya resiko terjadinya kecelakaan kerja.Hal ini tertentu akan merugikan karyawan dan perusahaan.
Dari kesimpulan dapat diperoleh bahwa sebuah perusahaan harus memperhatikan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja yang dapat mempengaruhi kinerja para karyawan . Hal itu berpengaruh pada perusahaan itu sendiri dan pada karyawannya. Sehingga sebuah perusahaan harus menjamin keselamatan dan kesehatan kerja para karyawannya dengan standar yang tinggi. Saran dari penulis adalah perusahaan sebaiknya melengkapi alat pelindung diri dan harus lebih memperhatikan kedisiplinan  penggunaan alat pelindung diri sehingga dapat meningkatkan kesadaran karyawan akan adanya bahaya di setiap melakukan pekerjaan dan penting nya penggunaan alat pelindung diri.
Kata kunci: k3, perusahan textile, spinning
ABSTRACT
PT. Dan Liris is a company operating in textile industry integrated into spinning, weaving, dyeing, finishing, printing, and garment business.
Worker health and security should be main concern in all companies; it aims to give protection and feeling of secure to each worker. The objective of research was to find out whether or not the application of occupational security and health (K3) policy in PT. Dan Liris had been consistent with the law enacted in Indonesia.
From the result of research concerning the application of occupational security and health, the equipment of occupational security and health should be completed to minimize the work-related accident rate. Some protection apparatuses were still absent in the company. The inadequate provision of self-protection apparatuses led to increasing risk of work-related accident. It of course would harm the employees and the company.
From the conclusion, it could be recommended that the company should pay attention to the application of occupational security and health affecting the performance of employees. It affected the company and its employees. Thus, a company should ensure the occupational security and health of its employees with high standard. The writer recommended the company to complete the self-protection apparatuses and to pay more attention to discipline of using self-protection apparatuses so that it would generate the employees’ awareness of danger in doing their work and the importance of using self-protection apparatuses.
Keywords: K3, textile company, spinning