Abstrak


Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Kanker Serviks dengan Partisipasi Ibu Melakukan Deteksi Dini Kanker Serviks di Sawahan Ngemplak Boyolali


Oleh :
Nindya Kusdhani - R1114078 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar belakang: Partisipasi wanita dalam deteksi dini kanker serviks sejak tahun 2007-2013 hanya 1.75% dari target sasaran. Salah satu kendala kurangnya partisipasi adalah kurangnya pengetahuan.Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan Ibu tentang kanker serviks dengan partisipasi Ibu melakukan deteksi dini di Sawahan, Ngemplak, Boyolali.
Metode: observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah Proportional Random Sampling sejumlah 125 responden usia 30-50 tahun. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan chi square dengan taraf signifikansi 5%, diolah dengan SPSS versi 16.
Hasil penelitian: pengetahuan Ibu tentang kanker serviks baik (10.4%), cukup (48.8%), dan kurang (40.8%). Partisipasi Ibu melakukan deteksi dini kanker serviks adalah pernah (9.6%), belum pernah (90.4%). Hasil analisis hubungan pengetahuan Ibu tentang kanker serviks dengan partisipasi Ibu melakukan deteksi dini kanker serviks diperoleh nilai p=0.012, χ2 = 6.308.
Simpulan: terdapat hubungan antara pengetahuan Ibu tentang kanker serviks dengan partisipasi Ibu melakukan deteksi dini kanker serviks di Sawahan, Ngemplak, Boyolali.
Kata Kunci : Pengetahuan, Partisipasi, Kanker Serviks