Abstrak


Analisis Keselarasan Kebijakan Mutu Iso 9001:2008 Terkait Implementasi Prosedur Pelaksanaan Fumigasi pada Gudang Bulog Meger, Karangwuni


Oleh :
Galih Mulyanita Sarastami - F3512039 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Keselarasan kebijakan mutu ISO 9001:2008 dengan implementasi pada proses pelaksanaan fumigasi. 2) Kendala yang terjadi saat pengimplementasian ISO 9001:2008 pada prosedur pelaksanaan fumigasi.
Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dan pengumpulan data arsip.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan fumigasi di Gudang Bulog berjalan kurang sesuai dengan standart ISO yang telah ditetapkan.
Saran yang diberikan adalah pembenahan pengawasan fumigasi oleh Gudang Bulog, pengupayaan penyediaan sarana dan prasarana yang sesui dengan standart ISO, serta pengoptimalan Sumber Daya Manusia untuk melaksanakan instruksi kerja dengan baik dan benar
Kata kunci: Fumigasi, ISO 9001:2008, Kualitas, Mutu, Hama gudang
ABSTRACT
This research was purpose to determine: 1) compatibility of quality policy ISO 9001: 2008 related to the implementation process of fumigation execution 2) obstacles to implementing ISO 9001: 2008 on the execution of fumigation procedures.
This research used a qualitative descriptive method. Collecting data methods by interviews, observation, and data collection archive.
Results of the research revealed that the fumigation implementation in Bulog Warehouse runs less in accordance with ISO standard that has been set.
The given advices is the improvement of the fumigation supervision by Bulog Warehouses, the insistence on the provision of facilities and infrastructure in accordance with ISO standards, as well as the optimization of Human Resources to carry out the work instructions properly.
Keywords: Fumigation, ISO 9001: 2008, Quality, Warehouse Pest