Abstrak


Motivasi Penggunaan Media dan Kepuasan Menonton (StudiKorelasitentang MotivasiPenggunaan Media denganKepuasanMenontonAcara “Mata Najwa” di Metro TV di KalanganMahasiswa IlmuKomunikasi FISIP UNS Angkatan 2011-2012)


Oleh :
Intan Ratih Wulandari - D1211043 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Program acara Talk Show “Mata Najwa” merupakan program acara yang ditayangkan berdasarkan berita atau informasi terkini yang sedang berkembang, untuk itu itu penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai acara tersebut, dimana mahasiswa jurusan ilmu komunikasi banyak yang menonton talk show acara “Mata Najwa” disebabkan dalam acara tersebut banyak dibahas hal-hal yang menyangkut di bidangnya  dalam ilmu komunikasi dalah hal ini khususnya komunikasi politik. Adapun Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasiMenontonAcara “Mata Najwa” Metro TV denganPenggunaan Media TelevisiuntukMenontonAcara “Mata Najwa”  dan ada tidaknya hubungan yang signifikanantaraPenggunaan Media TelevisiuntukMenontonAcara “Mata Najwa” Metro TV denganKepuasanMenontonAcara “Mata Najwa” Metro TV.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan analisa data kuantitatif dengan korelasi tata jenjang Spearman, dimana tehnik pengambilan sampel didasarkan pada pendugaan proporsi populasi yang secara sederhana dikenal dengan rumus Yamane (Jalaluddin Rakhmat,1999:99). Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah  59 responden. Untuk mengumpulkan data dari responden digunakan kuesioner. Sedangkan analisis datanya diolahdengan program SPSS (Statistical Program for Science).
Adapun  berdasarkan perhitungan   =0,292. Setelah diketahui t hitung = 2,304 yang dikonsultasikan dengan nilai kritik t  antara 1,684 dan 1,671 dengan memperhatikan derajat kebebasan (df) n-2, serta taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikan 5%. Dari hasil pengujian diketahui nilai t yang diperoleh lebih besar daripada nilai kritiknya. Dengan demikian terbukti adanya hubungan yang signifikan antara variabel motivasiMenontonAcara “Mata Najwa” Metro TV denganPenggunaan Media TelevisiuntukMenontonAcara “Mata Najwa” di kalanganMahasiswaIlmuKomunikasiFisip UNS angkatan 2011/2012.
Dan berdasarkan perhitungan   =0,446. Setelah diketahui t hitung = 3,764 yang dikonsultasikan dengan nilai kritik t  antara 1,684 dan 1,671 dengan memperhatikan derajat kebebasan (df) n-2, serta taraf kepercayaan 95% atau taraf signifikan 5%. Dari hasil pengujian diketahui nilai t yang diperoleh lebih besar daripada nilai kritiknya. Dengan demikian terbukti adanya hubungan yang signifikan antara Penggunaan Media TelevisiuntukMenontonAcara “Mata Najwa” dengan KepuasanMenontonAcara “Mata Najwa” Metro TV di kalanganmahasiswaIlmuKomunikasiFisip UNS angkatan 2011/2012.
ABSTRACT
Authors interested inconductingresearch in theDepartment of Communication StudiesIMUFacultyof Socialand Political Sciences Universityof Marchbecausemanycommunicationscience studenttwho watchedtalk showprogram"Mata Najwa'causethe eventmuch discussedmattersrelating tothesciencein thefieldof communicationin such matters,thisparticularpolitical communication. Thepurpose of this studyis todetermine whether there isa significant relationship betweenmotivationWatchingThe "Mata Najwa'Metro TV withMedia UseforWatchingTVshow" MataNajwa' andwhether there is asignificant relationshipbetween theuse ofMediaTelevisionto WatchEvent"Mata Najwa'WatchingTV withSatisfactionMetroevent"Mata Najwa'Metro TV.
This study used aquantitativeapproach todata analysiswithSpearman'scorrelationsystemlevel, andsampling techniquebased on theestimation ofthe proportion ofthe populationwhoare simplyknown byYamaneformula(JalaluddinRahmat, 1999:99). As for thenumber of samplesin this study were59respondents. To collectdata from therespondentsusedthe questionnaire. Further processedusing SPSS(StatisticalProgramfor Science).By usingLasweellparadigm.
Becausebased on the calculati Once knownt=2.304whichconsultedwithcritiquesvaluesbetween1.684and1.671tby taking into accountthe degrees of freedom(df) n-2, as well as thelevel of 95% or5% significance level. From the test resultsare knownt valueobtainedis greaterthan the value ofcriticism. Thusprovedthe existence ofa significant relationshipbetweenthe variablesof motivationWatchingThe "Mata Najwa'Metro TV withMedia UseforWatchingTVshow" MataNajwa' amongstudentsof Communication Studies2011/2012FisipUNSforces.
Becausebased on the calculati Once knownt=3.764whichconsultedwithcritiquesvaluesbetween1.684and1.671tby taking into accountthe degrees of freedom(df) n-2, as well as thelevel of 95% or5% significance level. From the test resultsare knownt valueobtainedis greaterthan the value ofcriticism. Thusprovedthe existence ofa significant relationshipbetween theuse ofMediaTelevisionto WatchEvent"Mata Najwa'with SatisfactionWatchingThe"MataNajwa' Metro TVamongstudents of Communication Studies2011/2012FisipUNSforces.