Abstrak


Analisis Strategi Lokasi pada Pojok Bulogmart Kartasura, Karangwuni, dan Mojolaban dengan Metode Pemeringkatan Faktor


Oleh :
Mahendra Tri Susilo - F3512048 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Penentuan lokasi merupakan salah satu unsur penting dalam keberhasilan suatu perusahaan. Lokasi yang strategis dapat dilihat dari beberapa faktor, misalnya kedekatan dengan konsumen, kemudahan akses, daya beli konsumen, ketersediaan stock barang, tampilan fisik bangunan, dan pesaing. Pojok Bulogmart merupakan salah satu bentuk usaha eceran yang dikelola oleh Bulog.
Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk memberikan analisis strategi lokasi yang efektif dengan  metode pemeringkatan faktor dan memberikan rekomendasi atau saran bagi Pojok Bulogmart Kartasura, Karangwuni, dan Mojolaban.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa menurut perhitungan dengan metode pemeringkatan faktor, strategi lokasi yang paling efektif adalah pada  Pojok Bulogmart di Karangwuni. Lokasi Pojok Bulogmart di Karangwuni mendapatkaan nilai tertimbang tertinggi yaitu sebesar 3,17, sedangkan untuk nilai tertimbang di lokasi Kartasura adalah 2,17 dan di Mojolaban sebesar 2,27. Lokasi Pojok Bulogmart di Karangwuni dianggap yang efektif karena lokasinya yang dekat dengan konsumen, pesaingnya sedikit, stock barang yang tersedia bergam dan mencukupi, daya beli masyarakat yang baik, dan bangunannya yang bersih.
Rekomendasi atau saran yang dapat dberikan kepada pengelola Pojok Bulogmart adalah sebaiknya mempertahankan lokasi sekarang tetapi ditambahakan lagi beberapa fasilitas, seperti plangkat petunjuk arah, memperbanyak stock barang, dan melakukan sarana promosi pasar murah di lokasi Pojok Bulogmart.
Kata kunci : Strategi lokasi, metode pemeringkatan faktor, pojok bulogmart.
ABSTRACT
Determining location is one of important elements in a company’ success. Strategic location can be seen from such factors as proximity to consumer, accessibility, consumer purchasing power, stock availability, physical appearance of building and competitor.
The objectives of research were to analyze the effective location strategy using factor ranking method and to give recommendation to Bulogmart Corners in Kartasura, Karangwuni, and Mojolaban.
From the result of research, it could be concluded that considering the estimation using factor ranking method, the most effective location strategy was in Bulogmart Corner in Karangwuni. The location of Bulogmart corner in Karangwuni got highest-weighted score of 3.17, while that on Kartasura Corner was 2.17 and that of Mojolaban was 2.27. The location of Bulogmart Corner in Karangwuni was considered as effective because of its location proximity to the consumers, few competitors, varied and adequate stock availability, community’s good purchasing power, and clean building.
The manager of Bulogmart Corner was recommended to maintain current location and to increase the facilities such as signpost, to increase the stock, and to promote the cheap market in Bulogmart Corner locations.
Keywords: Location Strategy, factor ranking method, bulogmart corner