;

Abstrak


Hubungan Pendampingan Suami pada ibu Bersalin Serta Dukungan Tenaga Kesehatan Dengan Keberhasilan Inisiasi Menyusu Dini


Oleh :
Fitriana - S021308035 - Sekolah Pascasarjana

Kesehatan Ibu dan Anak, sepertinya sebuah isu yang tidak pernah lekang oleh waktu, karena kesehatan ibu dan anak tidak dapat terlepas dari Indikator Human Development Index (HDI). Tidak hanya di Indonesia, bahkan di dunia, tidak heran jika dalam kesepakatan MDG's (Millenium Development Goals), program-program tersebut menjadi Indikator keberhasilan pembangunan kesehatan di suatu negara.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel  menggunakan Sample Jenuh. Besar sampel yaitu 39 ibu hamil di Bidan Praktek Swasta Di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Alat pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data regresi logistik.

Hasil penelitian terdapat hubungan positif dan signifikan antara pendampingan suami pada ibu bersalin dengan keberhasilan inisiasi dini (IMD)  (p = 0.014), Dukungan tenaga kesehatan dengan keberhasilan inisiasi menyusu dini (IMD) (p = 0.048). Hubungan positif dan secara statistik signifikan antara pendampingan suami pada ibu bersalin serta dukungan tenaga kesehatan dengan keberhasilan inisiasi menyusu dini (p = 0.000).

Kesimpulan terdapat hubungan signifikan antara pendampingan suami pada ibu bersalin serta dukungan tenaga kesehatan dengan keberhasilan inisiasi menyusu dini (IMD) di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.