Abstrak


Kajian Sistem Seleksi Karyawan Divisi Marketing pada PT Wangsa Jatra Lestari


Oleh :
Fellycyia Lili Suryani - F3512035 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Tugas akhir ini berisikan tentang sistem seleksi karyawan pada divisi marketing PT Wangsa Jatra Lestari. Tujuan diadakannya penelitian ini ialah Untuk mengetahui bagaimana proses sistem seleksi karyawan pada divisi marketing guna membawa kemajuan perusahaan serta menganalisis proses seleksi yang dilakuakan di PT Wangsa Jatra Lestari dengan teoriĀ  Sumber Daya Manusia.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah wawancara dengan HRD (Human Resource Development) dan manajer lokal marketing mengenai sistem seleksi karyawan pada divisi marketing yang ada di PT Wangsa Jatra Lestari. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara studi pada dokumen dan wawancara langsung mengenai sistem seleksi karyawan pada PT Wangsa Jatra Lestari.
Berdasarkan studi pustaka dan wawancara, hasil analisis tersebut menjelaskan bahwa sistem seleksi karyawan di PT Wangsa Jatra Lestari sudah menerapkan prosedur dan tahapan yang sistematis dalam penyeleksian calon karyawan pada divisi marketing. Dapat disimpulkan bahwa proses seleksi karyawan yang ada pada PT Wangsa Jatra Lestari telah memiliki Standart Operating Procedur dalam menjalankan proses seleksi karyawan baru. Dalam pelaksaannya, sistem seleksi karyawan yang ada di PT Wangsa Jatra Lestari dilakukan melalui serangkaian tahapan yang sudah sesuai dengan teori yang dikembangkan dalam Sumber Daya Manusia yang ada.
Saran yang diberikan adalah Pada sistem perekrutan dan seleksi karyawan yang ada pada perusahaan, untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan harapan, perusahaan hendaknya lebih memperluas memberikan informasi kepada masyarakat mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan. Sehingga masyarakat berminat untuk mencalonkan diri sebagai karyawan, dengan demikian perusahaan mempunyai banyak kandidat untuk dipilih dan diseleksi.
Kata kunci: Sistem Perekrutan dan Seleksi Karyawan PT Wangsa Jatra Lestari
ABSTRACT
This final project consists of a system of selection of employees in the marketing division of PT Wangsa Jatra Lestari. The objective of this study was to determine how the system processes the selection of employees in the marketing division to bring the company's progress and analyzing the selection process carried out at PT Wangsa Jatra Lestari with the theory of Human Resources.
The method used in this research is descriptive research method. Source of data used are interviews with the HRD (Human Resource Development) and local marketing managers regarding employee selection system on the marketing division in PT Wangsa Jatra Lestari. Data collection method used is to study the documents and interviews regarding employee selection system in the House of Jatra Lestari PT.
Based on the literature study and interviews, the analysis explains that the system of selection of employees at PT Wangsa Jatra Lestari has already implemented procedures and stages in the systematic screening of prospective employees in the marketing division. It can be concluded that the existing employee selection process in the House of Jatra Lestari PT has had a Standard Operating Procedure in running the selection process of new employees. In implementation is, existing employee selection system in Wangsa Jatra Lestari PT is done through a series of stages which are in accordance with the theory developed in the existing Human Resources.
The advice given is On recruitment and employee selection system that exist in the company, to get candidates in line with expectations, the company should further expand inform the public about the jobs available at the company. So that people interested to run for employees, thus the company has plenty of candidates to choose from and selected.
Keywords: System Recruitment and Selection of Employees PT Wangsa Jatra Lestari