Abstrak


Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Persepsi Karyawan terhadap Unsafe Conditions dan Unsafe Acts (Studi pada Dept. Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa)


Oleh :
Muh. Pandu Setiawan - F3512058 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Obyek penelitian ini dilakukan pada PT. Kusumahadi Santosa yang beralamat di Jl. Raya Jaten Km. 9,4, Jaten, Karanganyar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan program keselamatan dan kesehatan kerja serta persepsi karyawan mengenai unsafe conditions dan unsafe acts di departemen Weaving 2 pada PT. Kusumahadi Santosa. Sehingga dalam upaya pencegahan atas perilaku dan tindakan yang tidak aman yang bisa menyababkan kecelakaan kerja diharapkan dapat mencapai zero accident.
PT. Kusumahadi Santosa khususnya pada departemen Weaving 2 telah menerapkan program kebijakan dan keselamatan kerja. Namun pada penerapannya karyawan masih menunjukkan perilaku yang tidak aman dengan mengabaikan alat-alat pelindung diri. Di samping itu, beberapa fasilitas yang di sediakan perusahaan juga nampak dalam kondisi kurang baik.
Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan maka peneliti memberikan saran bahwa pentingnya menerapkan program keselamatan dan kesehatan kerja sebagai salah satu upaya untuk mencapai proses produksi yang aman, lancar dan maksimal maka, sangat wajib bagi semua karyawan untuk menerapkan dan meningkatkan program keselamatan dan kesehatan kerja, memberikan sanksi yang tegas kepada karyawan yang melanggar aturan, menjaga lingkungan kerja dalam kondisi aman dan memperbaiki fasilitas  yang sudah tidak baik atau rusak.
Kata kunci:Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Persepsi Karyawan,Unsafe Conditions, Unsafe Acts.
ABSTRACT
Objectof thisresearch is conducted atPT. KusumahadiSantosathat is located at Jaten Highway Km. 9,4, Jaten, Karanganyar. This research aims to reveal the application of the Occupational Health and Safety Program, and also the Employee Perception on the Unsafe Conditions and Unsafe Acts Weaving Dept. 2 PT. KusumahadiSantosa). Resulting in efforts of prevention over the behaviors and unsafe actions that could cause occupational accidents is expected to achieve the zero accident.
PT. Kusumahadi Santosa especially at the Weaving Department 2 has applied policies and safety programs. However, in its implementation the employees still showing unsafe behaviour by ignoring the personal protective devices. Besides that, some of the facilities that are provided by the company also looked to be in a very poor condition.
Based on the discussion that has been done, then the researchers advising that the importance of implementing occupational health and safety program as one of the efforts to achieve a production process that is safe, smooth and maximal. It is an obligation for all of the employees to implement and improve the safety and health program, giving firm punishment for any employees who break the rules, maintaining the work environment in a safe condition and improve the facilities that has been broke or damaged.
Keywords:Occupational Health and Safety Program, Employee Perception, Unsafe Conditions and Unsafe Acts.