Abstrak


Analisis Pelaksanaan Standar Operating Prosedure (SOP) Bellboy pada Front Office Department di The Sunan Hotel Solo


Oleh :
Haidar Juang - C9412024 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Laporan Tugas Akhir ini menganalisis tentang Pelaksanaan Standar Operating Prosedure (SOP) Bellboy pada Front Office Departement Di The Sunan Hotel Solo dan kendala apa saja yang di hadapi Bellboy dalam menjalankan Standar Operating Prosedure (SOP) dan cara mengatasinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Bellboy dalam menjalankan Standar Operating Prosedure (SOP) di hotel sunan dan kendala apa saja yang dihadapi.
Dalam penulisan ini Laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, studi dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif kualitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase untuk 8 staff dari 5 pertanyaan tentang pelaksanaan Standart Operating Prosedure pada Bellboy yang menjawab ya adalah 84%, sedangkan rata-rata persentase untuk 8 staff dari 20 pertanyaan yang menjawab tidak adalah 16%. Berarti dari 16% staff Bellboy tidak melaksanakan job diskripsinya dengan baik karena beban tugas yang di tanggungnya tidak sesuai dengan Standar Opertional Prosedure yang berlaku. Padahal seharusnya setiap departement harus bekerja sesuai dengan job diskripsinya masing-masing. Sedangkan 18% staff Bellboy sudah melaksanakan job diskripsi dengan baik.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu : Bellboy di The Sunan Hotel Solo mempunyai perananan yang sangat penting karena Bellboy merupakan orang pertama yamg dilihat tamu karena Bellboy bertugas di area lobby. Sehingga Bellboy di The Sunan Hotel Solo harus mempunyai etos kerja yang baik dan mengetahui product knowledge yang ada di The Sunan Hotel Solo untuk ditawarkan kepada tamu yang menginap.