Abstrak


Implementasi augmented reality melalui proses digitalisasi kehidupan manusia purba homo erectus di Museum Purbakala Sangiran Kabupaten Sragen


Oleh :
Brilliana Ais Pitaloka - M.3112033 - Fak. MIPA

Benda-benda yang terdapat di Museum Purbakala Sangiran merupakan benda yang bersejarah yang perlu dilestarikan. Melalui benda-benda tersebut dapat diketahui sejarah kehidupan di masa lalu. Aplikasi multimedia yang merupakan penggabungan dari berbagai komponen seperti teks, suara, gambar, dan animasi akan membuat pengguna menjadi lebih mudah memahami informasi yang disampaikan. Penggunaan objek tiga dimensi dapat membuat penyampaian informasi lebih menarik. Aplikasi yang dibuat digunakan untuk memberikan informasi mengenai kehidupan manusia purba Homo Erectus.
Dalam pembuatan aplikasi Augmented Reality ini dilakukan studi pustaka, observasi dan wawancara guna mendapatkan data-data yang diperlukan. Aplikasi ini dibuat menggunakan beberapa software untuk mendesain objek 3D, mengedit audio dan video, pembuatan marker, dan pembuatan tampilan muka.
Penelitian yang dilakukan menghasilkan aplikasi multimedia yang memberikan informasi mengenai kehidupan manusia purba Homo Erectus yang terdapat di Museum Purbakala Sangiran kabupaten Sragen.
Kata kunci : Augmented Reality, Museum Purbakala Sangiran, 3D, Homo Erectus, Multimedia