Abstrak


Implementasi kenaikan nilai jual obyek pajak terhadap potensi penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan di Kabupaten Boyolali tahun 2015


Oleh :
Kurnia Imansari - F.3412050 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Permasalahan-permasalahan dalam penelitian ini adalah belum disesuaikannya harga kelas NJOP dan sudah tidak relevan lagi harga jual tanah dengan harga pasar di Kabupaten Boyolali. Tujuan penelitian adalah mengetahui solusi yang dilakukan DPPKAD dan dampaknya terhadap potensi penerimaan PBB-P2 di Kabupaten Boyolali.
Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data, sumber data, dan teknik pembahasan. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Sumber data adalah data primer dan sekunder dengan teknik pembahasan deskiptif.
Peneliti menemukan adanya kelebihan dan kelemahan, kelebihan yang peneliti temukan yaitu meningkatnya potensi penerimaan PBB-P2 dan kontribusi PBB-P2 terhadap PAD Kabupaten Boyolali dari tahun sebelumnya. Kelemahan yang peneliti temukan yaitu wajib pajak mengajukan keringanan pembayaran PBB-P2 dan sosialisasi yang dilakukan pihak DPPKAD terhadap masyarakat kurang maksimal.
Kata kunci: PBB-P2, kenaikan kelas NJOP