Abstrak


Analisis pengaruh pdrb, ump, pma, dan pengeluaran pemerintah terhadap tingkat setengah pengangguran di indonesia tahun 2009-2013


Oleh :
Fuadi Seto Jati - F.0111033 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Permasalahan setengah pengangguran merupakan permasalahan yang terus ada dari dahulu sampai sekarang. Jumlahnya yang begitu besar, bahkan jauh lebih besar dari pada pengangguran sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PDRB, UMP, PMA, dan pengeluaran pemerintah terhadap tingkat setengah pengangguran di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pooling atau panel yaitu kombinasi 33 Provinsi dari tahun 2009-2013. Pengolahan data dengan menggunakan program Econometric Views (E-Views) versi 6.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara individu PDRB berpengaruh signifikan dan negatif, UMP tidak berpengaruh signifikan, PMA berpengaruh signifikan dan positif, dan pengeluaran pemerintah tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan PDRB, UMP, PMA, dan pengeluaran pemerintah berpengaruh signifikan terhadap tingkat setengah pengangguran di Indonesia.
Kata Kunci: Setengah Pengangguran, PDRB, UMP, PMA, Pengeluaran Pemerintah