Abstrak


Pengaruh faktor struktural dan individual pada viktimisasi di tempat kerja (Studi pada karyawan Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo)


Oleh :
Indramawan - F.0211058 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pengujian hipotesis guna menguji: 1) pengaruh gaya manajemen konflik pada viktimisasi, dan 2) moderasi status jabatan pada pengaruh gaya manajemen konflik pada victimization. Penelitian dilakukan pada karyawan Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo. Penelitian mengambil jumlah responden sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik convenience sampling.
Penelitian ini menggunakan metode Regression Analysis dan Sub-group Analysis. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) gaya manajemen konflik pendominasi (dominating) signifikan berpengaruh positif pada viktimisasi, 2) gaya manajemen konflik terintegrasi (integrating) signifikan berpengaruh negative pada viktimisasi, 3) status jabatan memoderasi pengaruh gaya penurut (obliging) pada viktimisasi, 4) status jabatan memoderasi pengaruh gaya pendominasi (dominating) pada viktimisasi, 5) status jabatan memoderasi pengaruh gaya terintegrasi (integrating) pada viktimisasi.
Penelitian ini memiliki keterbatasan pada objek penelitian yang hanya dilakukan di public sektor, sehingga dalam penelitian yang akan datang diharap dapat melengkapi keterbatasan pada penelitian ini.
Kata Kunci: Viktimisasi, Gaya Manajemen Konflik, Status Jabatan