;

Abstrak


Analisi Pertanggungjawaban Pidana Korporasi dalam Tindak Pidana Lingkungan Hidup (Studi Kasus Pada Putusan Pengadilan Negeri Karanganyar No. 18/Pid.B/ 2005/ PN. Kray Jo. Putusan Pengadilan Tinggi Semarang No.l39/Pid.B/2005/PT.Smg Jo. Putusan Mahkamah Agun


Oleh :
Rr Endang Dwi Handayani - 331202008 - Fak. Hukum

RR Endang Dwi Handayani, 331202008, adalah “ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA KORPORASI DALAM TINDAK PIDANA LINGKUNGAN HIDUP (Studi Kasus Pada Putusan Pengadilan Negeri Karanganyar No. 18/Pid.B/ 2005/ PN. Kray Jo. Putusan Pengadilan Tinggi Semarang No.l39/Pid.B/2005/PT.Smg Jo. Putusan Mahkamah Agung No. 2077 K/Pid/2006)”. TESIS : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertimbangan hakim menjatuhkan putusan bersyarat terhadap korporasi dalam tindak pidana lingkungan hidup dan model ideal pertanggungjawaban pidana korporasi dalam tindak pidana lingkungan hidup. Penelitian ini merupakan penelitian doktrinal dengan sifat penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan studi kasus (case approach). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan hakim menjatuhkan putusan pidana bersyarat terhadap korporasi adalah untuk membatasi kerugian-kerugian dari penerapan pidana pencabutan kemerdekaan khususnya bagi pekerja yang menggantungkan hidupnya di korporasi. Selain itu, juga untuk mengurangi biaya-biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat guna memperbaiki ekosistem yang merupakan tanggung jawab korporasi. Adapun model ideal pertanggungjawaban pidana korporasi terhadap tindak pidana dalam bidang lingkungan hidup adalah strict liability.