Abstrak


Responsivitas dinas perhubungan komunikasi dan informatika kota surakarta terhadap kasus kemacetan lalu lintas yang terjadi di kota Surakarta


Oleh :
Ashlihna Rizqa Mufida - D0111018 - Fak. ISIP

Kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta terjadi di jam-jam tertentu dan titik-titik tertentu.Kemacetan ini disebabkan oleh Kota Surakarta yang merupakan kota rujukan atau kota hinterland dan dilingkupi kota-kota kecil disekitarnya, pertumbuhan kendaraan bermotor yang cukup tinggi tetapi tidak diimbangi dengan pertumbuhan jalan serta kesadaran berlalu lintas masyarakat yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji responsivitas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika terhadap kasus kemacetan lalu lintas yang terjadi di Kota Surakarta dan mengetahui hambatan-hambatan yang dialami dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta.
Penelitian ini mengambil lokasi di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi dengan pemilihan informan secara purposive.Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta sudah responsif dalam menanggapi kasus kemacetan lalu lintas yang terjadi Kota Surakarta. Hal inidapat dilihat dari lima aspek yaitu: (i) sikap aparat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta dalam merespon keluhan dari masyarakat, (ii) penggunaan keluhan dari masyarakat sebagai referensi bagi perbaikan penyelenggaraan di masa mendatang, (iii) berbagai tindakan aparat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat, (iv) penempatan masyarakat oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta dalam sistem pelayanan yang berlaku. Meskipun responsivitas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta terhadap kasus kemacetan lalu lintas di Kota Surakarta sudah baik namun perlu adanya pengoptimalan dalam upaya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta sehingga kemacetan yang ada segera teratasi demi kepuasan masyarakat itu sendiri.
Kata Kunci: Responsivitas, Kemacetan Lalu Lintas