Abstrak


Pembelajaran bahasa mandarin dengan menggunakan metode direct instruction di kelas iiic sd marsudirini Surakarta


Oleh :
Priscilla Diandra Arini - C.9610017 - Fak. Ilmu Budaya

Penulisan Tugas Akhir ini membahas cara penulis mengimplementasikan metode Direct Instruction dalam pembelajaran bahasa Mandarin untuk siswa siswi Marsudirini yang memiliki tingkat kemampuan berbeda-beda. Dalam menggunakan metode ini juga dibahas tentang interaksi antara guru dan murid dalam proses belajar mengajar apakah berjalan lebih baik saat menerapkan metode Direct Instruction ini.
Tahapan dalam metode ini meliputi menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, mempresentasikan dan mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan, membimbing pelatihan, mengecek pemahaman dan umpan balik, member kesempatan pelatihan lanjutan dan penerapan. Penulis juga mengambil beberapa sumber melalui buku (Effective Teaching Evidence and Practice) untuk mengetahui langkah (Pelajaran yang terstruktur dengan jelas, Pacing, Modeling, penggunaan pemetaan konseptual, tanya jawab interaktif) yang diperlukan dalam proses pengajaran langsung, kemudian media internet juga disertakan untuk data teori dan bagaimana peran guru dalam Direct Instruction.
Hasil dari implementasi metode ini adalah siswa yang memilik ini nilai kurang dalam mata pelajaran Bahasa Mandarin meningkat cukup baik, karena dalam metode ini guru sering melakukan review, pembahasan PR disertai dengan pendemonstrasian jika terdapat kesalahan, penggambaran skema latihan lanjutan yang diberikan dibawah bimbingan guru. Jadi kesimpulannya adalah metode Direct Instruction ini sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Mandarin.
Kata kunci : direct instruction, pengajaran, siswa.