Abstrak


Evaluasi penerapan tujuh poin service excellent oleh teknisi pt. calmic Indonesia (Studi pada PT. Calmic Indonesia cabang Solo)


Oleh :
Aulia Dian Permata - F3512016 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Sebuah perusahaan jasa harus selalu bisa memberikan layanan prima pada semua pelanggannya. Pelayanan yang baik dan prima bisa membantu dalam mewujudkan kepuasan pelanggan dan akan berdampak baik bagi loyalitas pelanggan. Maka dari itu PT. Calmic Indonesia telah merumuskan strategi pelayanan prima dalam 7 Poin Service Excellent yang harus diterapkan oleh seluruh teknisi hygiene PT. Calmic Indonesia agar bisa memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kebutuhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan 7 Poin Service Excellent ini berhasil dilakukan oleh ke-5 teknisi hygiene di PT. Calmic Indonesia cabang Solo.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mencakup seluruh populasi, yaitu 5 orang teknisi hygiene yang bekerja di PT. Calmic Indonesia cabang Solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan wawancara dan observasi langsung. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, 4 poin Service Excellent telah dilakukan dengan sangat baik oleh seluruh teknisi hygiene PT. Calmic Indonesia cabang Solo, 4 poin ini yaitu On Time Service, Communication, Standard Service, dan Handling Complain. 3 poin yang lain masih perlu perbaikan menyangkut tentang Penguasaan Produk, First Impression, dan Administration Service.
Kesimpulan dari hasil analisis di atas bahwa Penerapan 7 Poin Service Excellent oleh Teknisi Hygiene PT. Calmic Indonesia cabang Solo masih perlu ditingkatkan lagi supaya benar-benar bisa memberi pelayanan prima dan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan hygiene PT. Calmic Indonesia cabang Solo.
Kata Kunci : service excellent, pelayanan prima.