Abstrak


Implementasi augmented reality untuk pembelajaran ikatan kimia pada materi ikatan ion


Oleh :
Diani Widyaningrum - M.3112043 - Fak. MIPA

Ilmu kimia adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi yang meliputi struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang meyertainya. Kimia berhubungan dengan interaksi materi yang dapat melibatkan dua zat. Pada kimia tradisional terjadi interaksi antara zat kimia dalam reaksi kimia, yang mengubah satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat lain.Ikatan kimia adalah ikatan yang terjadi apabila atom-atom suatu unsur bergabung.Ikatan ion adalah ikatan yang terbentuk sebagi akibat adanya gaya tarik-menarik antara ion positif dan ion negatif.Kesulitan mempelajari ilmu kimia ini terkait dengan ciri ilmu kimia itu sendiri, yaitu karena ilmu kimia bersifat abstrak, memiliki sifat yang berurutan dan memiliki perkembangan materi yang cukup pesat, serta juga merupakan penyederhanaan dari berbagai materi ilmu lainnya, sehingga diperlukan sebuah media pembelajaran yang interaktif agar dapat mempermudah dalam mempelajari ilmu kimia khususnya dalam hal ikatan kimia.
Aplikasi media pembelajaran intraktif ikatan kimia ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang dapat memunculkan objek 3 dimensi dan animasi interaktif melaluu deteksi marker pada kamera komputer. Proses pembuatan aplikasi ini menggunakan aplikasi 3Ds Max untuk pembuatan objek 3 dimensi dan menggunakan software OpenSpace3D untuk pembuatan aplikasi Augmented Reality. Pembuatan antar muka aplikasi dibuat dengan menggunakan Adobe Flash dengan bahasa pemrograman actionscript 2. Informasi seputar ikatan kimia khususnya ikatan ion ditampilkan dalam bentuk objek 3 dimensi, gambar, video dan animasi grafis yang menarik.
Aplikasi media pembelajaran interaktif ikatan kimia dengan menggunakan teknologi Augmented Reality dapat memunculkan objek ikatan kimia yang dikemas dalam aplikasi interaktif. Selain itu aplikasi ini juga dapat menampilkan gambar dan video tentang ikatan kimia
Kata kunci: Aplikasi, Augmented Reality, Ikatan Ion, Kimia, Pembelajaran