Abstrak


Analisis simultan perkembangan sektor keuangan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan Malaysia (1995 – 2013)


Oleh :
Febrianto Endy Pratama - F0110056 - Fak. Ekonomi dan Bisnis


Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sektor keuangan adalah dua indikator yang sangat tepat digunakan untuk melihat tingkat pembangunan pada suatu negara. Setiap negara akan selalu berusaha dengan keras untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi setinggi mungkin sehingga perkembangan sektor keuangan akan dapat bersinergi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan hasilnya sektor keuangan bisa menyokong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan jangka panjang peran perkembangan sektor keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi di negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah negara Indonesia dan Malaysia karena dua negara ini merupakan negara yang masuk dalam 10 besar pemilik volume produk domestik bruto (PDB) riil terbesar di negara OKI. Sehingga kinerja ekonomi secara keseluruhan masih bergantung pada dua negara ini. Akan tetapi kedua negara ini walaupun memiliki catatan perekonomian yang bagus, belum mampu masuk kedalam 10 besar negara dengan laju pertumbuhan PDB tercepat dan perkembangan volume ekspor tercepat di negara OKI.
Studi yang menganalisis perkembangan sektor keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi di negara Indonesia dan Malaysia ini menggunakan analisis simultan dengan metode two stage least square di negara Indonesia dan Malaysia pada tahun 1995 sampai 2013. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari PDB, kredit sektor swasta, indeks harga saham, produksi industri, indeks harga konsumen, dan tingkat suku bunga yang semuanya bersumber dari data world bank.
Hasil studi menunjukkan bahwa perkembangan sektor keuangan tidak memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi baik di negara Indonesia maupun Malaysia, dikarenakan kredit sektor swasta memiliki pengaruh signifikan akan tetapi berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi negara Indonesia dan juga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap negara Malaysia. Sehingga dengan hasil ini pemerintah negara Indonesia dan Malaysia seharusnya mampu memperhatikan perkembangan sektor keuangan mengingat pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang sehingga bisa mengontrol perkembangan sektor keuangan. Serta juga mengatur indeks harga konsumen untuk meningkatkan kredit sektor swasta yang pada akhirnya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara Indonesia dan Malaysia.
Keyword : Pertumbuhan Ekonomi, Perkembangan Sektor Keuangan, Analisis Simultan, Two Stage Least Square, Kredit Sektor Swasta