Abstrak


Analisis tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi ditinjau dari penyampaian surat pemberitahuan tahunan di kantor pelayanan pajak pratama Karanganyar (tahun 2011 -2013)


Oleh :
Dunan Juliper Marpaung - F3412030 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang pribadi dengan menganalisis jumlah laporan Surat Pemberitauan Tahunan dan untuk mngetahui penyebab kenaikan atau penurunan kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar selama tahun 2011- 2013.
Teknik penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara serta pengumpulan dokumen.
Hasil penelitian ini penting untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak dan menjadi masukan bagi Account Representative (AR). Berdasarkan hasil penelitian, tingkat presentase kepatuhan wajib pajak orang pribadi mengalami penurunan setiap tahun, yaitu sebesar 63,13% di tahun 2011, 60,26% di tahun 2012 dan 57,81% di tahun 2013. Dapat disimpulkan, terjadinya penurunan kepatuhan dapat disebabkan oleh rendahnya kesadaran wajib pajak, kurangnya sosialisasi dan pelayanan perpajakan.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis merekomendasikan beberapa saran berguna terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar : meningkatkan pelayananan administrasi, meningkatkan kinerja pegawai pajak, meningkatkan sosialisasi atau penyulushan, dan kualitas pelayanan.
Keyword : Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Surat Pemberitahuan Tahunan, tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi.