Abstrak


Hubungan antara persepsi kualitas pelayanan obstetri neonatal emergensi dasar (poned) dengan kepuasan pasien di Puskesmas Gajahan


Oleh :
Riskianita Aryani - R1114098 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Puskesmas PONED dituntut memberikan pelayanan bermutu dan memuaskan. Hasil kajian kualitas pelayanan kesehatan maternal tingkat kesehatan dasar dan rujukan tahun 2012 menunjukkan tingkat kepatuhan terhadap baku pelayanan kesehatan maternal rendah sebesar 50-80%. Tujuan penelitian mengetahui hubungan antara persepsi kualitas pelayanan PONED dengan kepuasan pasien di puskesmas Gajahan.
Metode Penelitian :Desain penelitian observasional analitik pendekatan cross sectional. Teknik sampling Total sampling, sampel penelitian adalah pasien yang mendapatkan pelayanan PONED sejumlah 36 pasien di puskesmas Gajahan
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 94,44% menilai persepsi kualitas pelayanan PONED sudah baik dan 94,44% pasien puas dengan kualitas pelayanan PONED di Puskesmas Gajahan. Analisis korelasi Spearman Rank menghasilkan p-value 0,000 dan nilai r 0,655.
Kesimpulan : Ada hubungan antara persepsi kualitas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) dengan kepuasan pasien di puskesmas Gajahan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien