Abstrak


Evaluasi prosedur pekerjaan lapangan audit laporan keuangan pada kap wartono & rekan Surakarta


Oleh :
Yunita Herbiyati - F3312134 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari penelitian pada KAP Wartono & Rekan adalah untuk
mengetahui prosedur pekerjaan lapangan audit yang baik sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh IAPI.
Dalam penelitian ini penulis melakukan studi kasus dengan obyek penelitian pada KAP Wartono & Rekan Surakarta yang berkaitan dengan prosedur pekerjaan lapangan audit laporan keuangan. Cara yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dengan pembimbing mitra pada KAP Wartono & Rekan, penelitian lapangan, dan membandingkan antara teori yang didapat dalam perkuliahan dengan praktik dalam dunia kerja.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi prosedur pekerjaan lapangan audit laporan keuangan pada KAP Wartono & Rekan Surakarta telah sesuai dengan Standar Pengendalian Mutu berdasarkan Standar Profesional Akuntan Publik yang ditetapkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Beberapa kesesuaian tersebut adalah sebagai berikut: dalam melaksanakan pekerjaan lapangan auditor sudah membuat kertas kerja sesuai standar, dalam menentukan waktu pekerjaan lapangan sudah direncanakan dengan baik dengan klien, dan adanya pemantauan dari supervisor dan pimpinan dalam pekerjaan lapangan di kantor klien. Sedangkan ketidaksesuiannya adalah kurangnya penerapan pada pekerjaan lapangan yang kurang tepat waktu.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pekerjaan lapangan audit laporan keuangan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan standar yang berlaku. Berdasarkan haril penelitian, rekomendasi yang diberikan yaitu Sebaiknya jika terjadi kurang waktu dalam mengaudit laporan keuangan di kantor klien, sebagai auditor lebih bisa mengkondisikan waktu, yaitu dengan datang lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan bersama.
Kata kunci: pekerjaan lapangan, standar pengendalian mutu