Abstrak


Terpaan Iklan dan Branding Aware (Studi Tentang Terpaan Iklan Yang Diterima Pelanggan Mommilk Dari Radio Prambors Dalam membentuk Branding Aware)


Oleh :
Fanny Andia Purnamasari - D1211031 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara terpaan iklan radio Prambors terhadap pembentukan branding aware pada pembeli di Resto Mommilk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi untuk mngetahui hubungan dua variabel atau lebih menggunakan uji hipotesis atau prediksi. Teknik analisa penelitian yang digunakan adalah chi square. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer adalah data yang diperoleh dari kuaesioner yang disebarkan kepada pengunjung Resto Mommilk.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Data primer dengan lembar koding (coding sheet).Pengumpulan data ini dilakukan dengan mencatat, menyeleksi dan mengkode data yang diperlukan sesuai dengan tujuan penelitian, selanjutnya studi kepustakaan untuk memperlengkapi data.Teori komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori S-O-R sebagai singkatan dari Stimulus – Organism – Response.
Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan hubungan yang signifikan antara kategori yang diteliti, maka perhitungan dengan langkah-langkah serupa juga diterapkan pada perhitungan terhadap kategori-kategori yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan kategori terpaan mediaradio terdiri dari frekuensi mendengarkan radio, durasi, dan pilihan program dengan kesadaran merek(brand awareness).Hasil perhitungan hubungan terpaan iklan radio berdasarkan frekuensi, durasi dan intensitas siaran radiodengan kesadaran merek(brand awareness) diperoleh hasil chi square diperoleh hasil berturut-turut  (frekuensi =0,002, durasi=0,003, dan 0,001) < 0,005 artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada hubungan signifikan antara Terpaan Iklan Radioberdasarkan frekuensi, durasi dan intensitas siaran radio dengan Kesadaran Merek di Resto Mommilk.
Kata kunci: terpaan iklan, radio, kesadaran merek
ABSTRACT
This study was to investigate the relationship between exposure to radio ads Prambors relation to the formation of branding aware the buyer at Resto Mommilk.The method used in this study is the correlation method to determine the relationship of two or more variables using test hypotheses or predictions. Research analysis technique used was chi square. Data collection techniques used in this research is the primary data is data obtained from questionnaires distributed to visitors Resto Mommilk.
The sampling technique used in this study was accidental sampling technique. Primary data sheet coding (coding sheet). This data collection is done by recording, select and encode the data required in accordance with the object of further studies to restock literature data. Communication theory used in this study is the theory of S-O-R stands for Stimulus-Organism-Response.
Research results and conclusions indicate that wants to find a significant relationship between the categories studied, the calculations with similar measures are also applied to the calculation of the categories predetermined by category of exposure to radio media consisting of frequency listening to the radio, duration, and choice program to the perception of the brand awareness.Results of the calculation, duration and intensity of the relationship exposure to radio ads with brand awareness obtained the results of chi square obtained results  (frequency =0,002, durati and 0,001) < 0,005 means that Ho is rejected and Ha accepted that there was a significant relationship the calculation, duration and intensity of between Exposure to Radio Ads with Brand Awareness on Resto Mommilk.
Keywords: advertising exposure, radio, brand awareness.