Abstrak


Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Salingtemas dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri Kebakkramat


Oleh :
Aji Mahenggar Keliwanjani - K4308066 - Fak. KIP

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) dengan pendekatan Salingtemas dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester II SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2011/2012; 2) mengetahui pengaruh model PBL dengan pendekatan Salingtemas dalam pembelajaran biologi terhadap sikap peduli lingkungan  siswa kelas X Semester II SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperimental research) dengan menggunakan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester II SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.7 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah dengan eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model PBL dengan pendekatan Salingtemas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes yaitu dokumentasi, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t (t-test) untuk menguji hipotesis dengan bantuan SPSS 16.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada pengaruh secara signifikan penerapan model PBL dengan pendekatan Salingtemas dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan nilai sig. ranah kognitif 0,000; ranah psikomotor 0,003; dan ranah afektif 0,000; (2) Tidak ada pengaruh secara signifikan penerapan model PBL dengan pendekatan Salingtemas dalam pembelajaran biologi terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kebakkramat Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan nilai sig. 0,423.
Kata Kunci :    PBL, Salingtemas, hasil belajar, sikap peduli lingkungan.