Abstrak


Pemanfaatan Limbah Spanduk MMT Sebagai Material dalam Perancangan Produk Tekstil Pelengkap Interior Sebagai Partisi


Oleh :
Desy Dwimawati - C0911008 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

ABSTRAK
Latar belakang perancangan ini adalah banyaknya limbah MMT yang belum diolah dengan baik. Dibutuhkan upaya untuk memanfaatkan limbah tersebut menjadi produk yang lebih inovatif. Upaya yang dilakukan adalah memanfaatkan limbah spanduk MMT sebagai material untuk menciptakan produk pelengkap interior berupa partisi dengan konsep open plan. Partisi ruang untuk hunian dengan konsep open plan saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat.
Tujuan dari perancangan ini adalah memanfaatkan limbah spanduk MMT untuk menciptakan produk pelengkap interior sebagai partisi untuk hunian dengan konsep open plan .Metode perancangan meliputi proses pemahaman tentang karakter limbah spanduk MMT, perkembangan pemanfaatan limbah, pemahaman hunian dengan konsep open plan, teknik produksi, visualisasi desain dan proses produksi.
Hasil perancangan Tugas Akhir ini adalah konsep desain partisi menggunakan limbah spanduk MMT dengan tema go green menghasilkan 10 desain. Keseluruhan desain mengolah ide bentuk daun teh. Motif tekstil yang tampak pada anyaman dari limbah spanduk MMT ditampilkan dalam beberapa motif daun dan perulangan bentuk geometri. Material yang digunakan adalah limbah spanduk MMT sebagai material utama dan blockboard sebagai material pendukung. Partisi ini untuk pembatas antara ruang keluarga dengan ruang tamu. Partisi ini juga bersifat multifungsi dengan menambahkan tepat untuk meletakkan barang-barang pemilik rumah. Teknik yang digunakan adalah teknik anyaman. limbah spanduk MMT dibuat lusi dan pakan dengan lebar 1 cm dan dianyam sesuai dengan desain.
Kata Kunci: Spanduk MMT, Partisi, Open Plan