Abstrak


Manajemen Angkutankota dan Lalu Lintas Oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Surakarta dalam Upaya Mengatasi Kemacetan


Oleh :
Wendy Selbyransyah Ainal Furqon - D0111085 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini berawal dari adanya titik-titik kemacetan di Kota Surakarta yang disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang membuat mobilitas masyarakat menjadi tinggi. Tingginya mobilitas tersebut berdampak pada timbulnya masalah kemacetan yang disebabkan salah satunya adalah peningkatan jumlah kendaraan yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Peningkatan jumlah kendaraan tersebut tidak diimbangi dengan pertumbuhan jumlah jalan yang cenderung tetap dan berdampak pada timbulnya masalah kemacetan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen transportasi dan lalu lintas yang dilakukan oleh Dishubkominfo dalam upaya mengatasi kemcetan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan puposive sampling dan untuk validitas data menggunakan trianggulasi sumber yang berarti membandingkan dan meneliti derajat kepercayaan informasi yang diperoleh dengan sumber yang berbeda. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis model interaktif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Manajemen transportasi dan Lalu lintas dalam upaya menanggulangi kemacetan sudah dilakukan dengan cukup baik oleh dishubkominfo. Proses dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan telah diterapkan. Perencanaan telah dilakukan dengan melakukan kajian terhadap permintaaan masyarakat terhadap sistem lalu lntas dan transportasi yang baik. Pengorganisasian telahdilakukan dengan melakukan kordinasi terhadap pihak terkait baik internal dan eksternal dari Dishubkominfo. Penggerakan telah dilakuakan dengan memberikan motivasi dalam bentuk apel. Pengawasan telah dilakukan dan selanjutnya di evaluasidengan pihak terkait sedangkan untuk pengawasan lalu lintas dilaporkan secara terbuka kepada masyarakat.
Kata Kunci: Manajemen, Transportasi,Lalu lintas
ABSTRACT
The background of research departs from the traffic jam points in Surakarta City due to economic growth leading to very high community mobility. The high mobility results in traffic jam problem because of, among others, the increase in vehicle number over years. The increase in vehicle number is not balanced with the growth of road number leading to traffic jam problem.
The objective of research was to find out the Management tranportation and traffic management by Dishubkominfo Surakarta City’s in the attempt of dealing with traffic jam.
This study was a descriptive qualitative research. Techniques of collecting data used were observation, interview, and documentation study. The sampling technique used was purposive sampling, while data validation was carried out using source triangulation, i.e. comparing and studying the reliability of information obtained from different source. Data analysis was conducted using an interactive model of analysis.
From the result of research, it could be concluded that the management of transportation and traffic in the attempt of dealing with traffic jam had been conducted well by Dishubkominfo (Transportation, Communication and Information Office). The proses of pllanning, organizing, actuating and controlling has been implemented. Planning based on the demand of a good traffic system and transportation by the citizen. Organizing done through the proses of cordination with internal and external stakeholders. Actuating done by motivated the peopel in the parade. Controlling done by reporting and evaluating the result with stakeholders. On the other hand, the result of traffic controlhas been published to the citizen.
Keywords: Management, Transportation, Traffic