Abstrak


Aplikasi digital rumah adat di pulau sumatera untuk pembelajaran siswa sekolah dasar menggunakan augmented reality


Oleh :
Ovy Diansari Hendrati - M.3112108 - Fak. MIPA

Augmented Reality merupakan salah satu kemajuan perkembangan teknologi pada bidang mutimedia dan telah banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Salah satu pengembangan dari bidang multimedia untuk memberikan pembelajaran rumah adat Pulau Sumatera kepada anak sekolah dasar agar dapat memahami dan mempelajari dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Tujuan dari adanya penelitian adalah membuat media pembelajaran interaktif yang dapat memvisualisasi 3 dimensi menggunakan Augmented reality.
Pembuatan aplikasi ini menggunakan berbagai software yaitu Google SketchUp 8 untuk pembuatan objek 3D, Unity3D untuk membuat augmented reality, Adobe Photoshop CS6 dan CorelDraw X4 untuk membuat desain layout, marker dan katalog. Aplikasi ini menampilkan objek 3 dimensi rumah adat untuk setiap provinsi dari sebuah penanda (marker) berupa katalog, apabila penanda terdeteksi kamera smartphone android maka objek akan ditampilkan.
Penelitian ini menghasilkan aplikasi multimedia pembelajaran rumah adat yang berada di Pulau Sumatera pada anak sekolah dasar secara interaktif dan menarik yang dapat menampilkan informasi serta objek dalam bentuk 3 dimensi secara detail.
Kata Kunci : Augmented reality, media pembelajaran, multimedia